Masalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bungsu

Bagikan artikel ini

Gigi bungsu adalag gigi geraham yang tumbuh paling ahir (molar ketiga).  Ada 4 gigi geraham bungsu dua tumbuh di atas dan dua lagi tumbuh dibawah. Gigi bungsu biasanya  tumbuh saat sesorang berada di usia 18-25 tahun. Yang sering bermasalah adalah gigi bungsu bagian bawah, bagian bawah tidak cukup ruang untuk gigi bungsu tumbuh sehingga menimbulkan gigi tumbuh ke dalam atau tumbuh miring. Masalah yang sering terjadi saat gigi bungsu tumbuh adalah:

  • Gusi bengkak
  • Gigi bagian depan menjadi sensitive
  • Sakit menjalar sampai ke leher dan juga bagian pipi
  • Sulit membuka mulut
  • Susah mengunyah makanan
  • Menimbulkan demam

Kapan gigi bungsu harus di cabut? Saat gigi bungsu tumbuh dengan sempurna dan tanpa ada masalah tidak perlu untuk mencabut. Namun apabila tumbuhnya gigi bungsu tersebut membawa masalah dan keluhan berlanjut segera pergi ke dokter gigi untuk konsultasi guna penanganan lebih lanjut. Sebelum benar-benar melakukan pencabutan pada gigi bungsu konsultasikan terlebih dahulu dampak yang akan di akibatkan dan keuntungan yang akan di dapatkan setelah mencabut gigi bungsu. Lakukan scanning dan atau sinar X. Saat melakukan pencabutan pada gigi bungsu dokter akan menyuntikkan obat bius untuk menghilangkan rasa sakit saat pembedahan. Lalu memulai dengan membuka gusi dan membagi gigi menjadi dua bagian yaitu gigi bagian akar dan gigi bagian kepala, serpihan kepala akan di keluarkan kemudian akan di susul dengan gigi bagian akar untuk di angkat keluar. Selanjutnya menutup kembali luka bekas bedah dengan jahitan. Proses pembedahan gigi bungsu memerlukan waktu sekira 15 menit – 1 jam. Lamanya waktu pembedahan  tergantung dari kondisi gigi bungsu tersebut. Pasien di sarankan untuk istirahat selama 1-2 hari setelah di lakukan pembedahan, apabila ada keluhan membutuhkan waktu 1 minggu untuk membuka benang sampai benar-benar dokter menyatakan kondisi gusi dan gigi sekitar membaik. Komplikasi yang mungkin di timbulkan setelah mencabut gigi bungsu:

  • Sakit karena terjadi perdarahan
  • Infeksi
  • Bengkak pada mulut
  • Bibir pecah-pecah/kering akibat gesekan dari tangan dokter saat pembedahan
  • Bengkak pada kelenjar yang berdekatan dengan kerongkongan

Peradangan di atas akan hilang dalam waktu 1-2 hari setelah itu akan hilang. Ini terjadi karena reaksi badan terhadap luka akibat pembedahan. Ada resiko yang akan di dapat pasien setelah melakukan pencabutan pada gigi bungsu adalah gigi atau tampalan menjadi retak, tulang rahang pecah, syaraf bagian bawah akan tertekan, namun dari resiko ini bisa kembali normal dalam beberapa minggu. Jika anda ingin berkonsultasi mengenai gigi bungsu, silahkan berkonsultasi ke Joy Dental melalui
Telp/sms/WA : 0877 3669 7888 / 0877 3938 5888
Pin BB : 2B4A3E37 / 29E9334E
Line ID : joydentalyogya
Instagram : @joydentalyogya
Path : Joy Dental
Email : joydental.yogya@yahoo.com
FB : www.facebook.com/dental.joy
Twitter   : @joydentalyogya
Website  : http://klinikjoydental.com
Atau datang langsung ke Joy Dental

  1. JOY DENTAL KALIURANG, Jl Kaliurang Km. 5 No. 34 (sebelah BNI Syariah) Telp/sms 0851 06556688
  2. JOY DENTAL SETURAN, Ruko Seturan Square Kav 9, Jl Seturan Raya No 1 (timur RM Bungong Jeumpa – Ruko Orange) Telp/sms 0851 07556699
  3. JOY DENTAL BANTUL, RingRoad Barat, Selatan UMY (setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu) Telp. 087739385888 (Pin: 29E9334E)

Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close