Beranda » Artikel » Macam Gigi Tiruan

Macam Gigi Tiruan

Januari 24, 2013

Gigi tiruan secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gigi tiruan penuh dan gigi tiruan sebagian. Gigi tiruan penuh dibuat pada pasien yang sudah kehilangan seluruh gigi geliginya, sedangkan gigi tiruan lepasan dibuat bila masih ada sebagian gigi yang tersisa. Gigi tiruan sebagian dapat dibagi lagi menjadi gigi tiruan lepasan (yang dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien) dan gigi tiruan cekat (yang disemenkan ke gigi pasien secara permanen).

Macam-macam Gigi Tiruan

Secara Ilmu Prostodonsia gigi tiruan meliputi:

  1. Gigi Tiruan Cekat (GTC)
    Adalah pembuatan Gigi Tiruan yang menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang dan tidak dapat dilepas oleh pasiennya sendiri maupun dokter gigi karena dipasangkan secara permanen pada gigi asli yang merupakan pendukung utama dari restorasi.
  2. Gigi Tiruan Sebagian Lepasan (GTS)
    Adalah Gigi Tiruan yang mengganti satu atau lebih gigi, tetapi tidak seluruh gigi asli dan/atau struktur pendukungnya, didukung oleh gigi dan/atau mukosa yang dapat dilepas dari mulut dan dipasangkan kembali. (Glossary of Prosthodontic terms, 1987).
  3. Gigi Tiruan Lengkap (GTL)
    Adalah  pembuatan Gigi Tiruan Lepasan yang menggantikan seluruh gigi geligi asli dan struktur pendukungnya baik maksila maupun mandibula (Glossary of Prosthodontic terms, 1987)

Gigi Tiruan Sebagian

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, gigi tiruan dapat berupa gigi tiruan lepasan ataupun cekat. Gigi tiruan sebagian
umumnya terdiri dari elemen gigi tiruan dari akrilik yang dilekatkan ke basis resin akrilik (semacam plastik) yang berwarna
merah muda menyerupai gusi. Selain menggunakan basis akrilik, bisa juga menggunakan kerangka logam, yang menawarkan
kelebihan yang lebih banyak dibandingkan gigi tiruan dengan basis akrilik.

Gigi tiruan sebagian lepasan

Gigi tiruan sebagian lepas untuk rahang atas, elemen gigi dari akrilik dengan kerangka logam (metal partial denture). Gigi
tiruan jenis ini relatif lebih nyaman bagi pasien.
(www.youngfamilydentistry.org)

Gigi tiruan sebagian lepasan

Gigi tiruan sebagian lepas untuk rahang atas, dengan basis akrilik yang berwarna merah muda, menyerupai gusi, dengan bantuan cengkeram dari logam yang akan memegang gigi penjangkaran supaya gigi tiruan tidak akan lepas saat pasien mengunyah makanan
(www.drjoygraham.com)

Gigi tiruan sebagian lepasan

Valplast atau disebut juga fleksible denture adalah gigi tiruan lepasan dengan bahan nylon thermoplastic. Bahan nylon thermoplastic yang digunakan membuat valplast mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan gigi tiruan jenis lain, antara lain :

  1. Valplast dapat dibuat lebih tipis dan fleksible
  2. Valplast dibuat tanpa menggunakan frame metal atau cangkolan kawat
  3. Dapat menempel disekitar gigi asli dan jaringan ginggiva dengan aman dan lebih nyaman jika dibandingkan dengan gigi tiruan dengan cangkolan logam
  4. Valplast memiliki warna, bentuk dan design yang menyatu dengan warna alami ginggive sehingga tak terlihat saat digunakan.
  5. Kuat dan tidak mudah patah jika dibandingkan dengan akrilik.
  6. Tidak memerlukan preparasi gigi dan jaringan
  7. Lebih tahan lama dibanding akrilik
  8. Menguntungkan untuk pasien yang alergi terhadap logam
  9. Lebih sedikit waktu yang dibutuhkan untuk kunjungan ke dokter gigi

kelebihan valplast secara keseluruhan membuat pasien lebih nyaman dalam menggunakan gigi tiruan ini, sehingga valplast disukai pasien.

Kontra indikasi  dan kekurangan valplast :

  1. pasien dengan oral hygiene yang buruk
  2. gigi yang mengalami kelainan jaringan periodontal (gigi goyang)

pasien dengan diabetes mellitus tak terkontrol tidak menguntungkan jika digunakan pada pasien full denture bukan penghantar suhu, sehingga pasien tidak dapat merasakan suhu makanan secara maksimal. Kadang, oleh karena polimerisasi tidak sempurna, beberapa waktu setelah insersi bisa timbul perasaan valplast menjepit ginggiva, ini dapat dikoreksi dengan cara relining.

gigi tiruan sebagian
Yang perlu diperhatikan :

  1. Sebelum insersi valplast sediakan air panas dalam gelas, rendamlah valplast beberapa menit, angkat kemudian kibaskan beberapa saat sampai tercipta suhu kamar pada bodi valplast.
  2. Malam hari sebaiknya dilepas seperti perlakuan pada denture lainnya, agar mukosa istirahat dan mengembalikan perfusi oksigen ke ginggiva,
  3. mempertahankan kesehatan jaringan periodontal dan mengurangi insiden kecepatan resorbsi alveolar.

Gigi tiruan sebagian cekat

Gigi tiruan jenis ini tidak dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien karena dicekatkan ke gigi dengan menggunakan semen kedokteran gigi, lebih dikenal dengan istilah mahkota tiruan / dental crown dan mahkota tiruan jembatan /dental bridge.

Gigi tiruan sebagian cekat

Bridge dibuat untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang, dengan menggunakan gigi di sebelah gigi yang hilang sebagai penjangkaran. Gigi di sebelah gigi yang hilang akan diasah, lalu dipasangkan mahkota tiruan.

Gigi tiruan sebagian cekat

Baca Juga : Macam Tambalan Gigi

Mahkota tiruan (dental crown)

Crown dibuat pada kasus dimana mahkota gigi sudah rusak, atau pada gigi yang sudah dirawat saluran akar. Crown menutupi seluruh bagian mahkota gigi yang sebelumnya sudah diasah terlebih dahulu.

Mahkota tiruan (dental crown)

Ilustrasi mahkota tiruan penuh pada gigi depan rahang atas. Gigi yang akan dipasang crown terlebih dulu diasah,
kemudian crown dilekatkan dengan menggunakan semen khusus kedokteran gigi

Mahkota tiruan (dental crown)

Crown dapat terbuat dari logam (all metal) (Note: sudah banyak ditinggalkan), porselen (all porcelain), resin akrilik, atau paduan logam dengan porselen (porcelain-fused-to-metal crown/PFM) atau bahan resin komposit dengan penguatan fiber. Yang paling sering digunakan adalah PFM crown, karena paling menyerupai tampilan gigi asli dengan kekuatan yang baik untuk menahan tekanan kunyah.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk Update informasi. Tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Sumber  http://www.klikdokter.com/gigimulut/read/2010/07/05/58/macam-gigi-tiruan

http://dentaluniverseindonesia.com/index.php/article/68-valplast-gigi-tiruan-lepasan

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram