Makanan Manis Penyebab Gigi Anak Menjadi hitam

Bagikan artikel ini

Makanan Manis Penyebab Gigi Anak Menjadi hitamHampir semua anak-anak menyukai makanan manis. Bahkan ketika anak-anak tantrum, makanan manis sering dijadikan salah satu senjata agar anak berhenti menangis. Tapi perlu hati-hati ya sobat joy, memberikan makanan manis secara berlebihan untuk anak-anak dapat membahayakan kesehatan gigi mereka.

Gigi Hitam diakibatkan oleh gigi berlubang

Gigi hitam pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun pada sebagian besar kasus, gigi hitam pada anak terjadi karena gigi anak yang mati syaraf nya diakibatkan oleh gigi berlubang. Gigi mati yang membusuk itulah yang terlihat hitam. Biasa nya, gigi hitam pada anak berbarengan juga dengan gigi geligi anak yang gigis kerena lubang yang semakin parah.

Sebetulnya, penyebab utama gigi berlubang bukan semata-mata kesalahan makanan manis nya. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang hidup di dalam mulut. Sementara makanan manis, atau yang mengandung gula, masuk dalam kategori karbohidrat. Karbohidrat inilah makanan utama bakteri pada gigi tersebut. Makanan manis yang terselip di gigi dan tidak segera dibersihkan, menyebabkan bakteri dapat bertumbuh dengan lebih cepat. Bakteri mengubah sisa makanan tadi menjadi asam. Ludah bercampur dengan asam membuat gigi menjadi rusak.

Biasakan menyikat gigi yang baik dan benar

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena kebiasaan buruk seperti gemar mengkonsumsi makanan manis, tanpa membersihkan gigi. Makanan manis disini bukan hanya yang mengandung gula saja yaa sobat Joy. Tapi semua makanan dalam kategori karbohidrat, diantara nya nasi, kue, cake, buah bahkan susu. Banyak sekali anak-anak yang rutin meminum susu sebelum tidur. Kondisi akan semakin parah pada anak yang meminum susu dengan botol karena biasa nya botol akan dibiarkan di mulut hingga tertidur. Kebiasaan ini tidak diimbangi dengan kebiasaan menyikat gigi yang baik dan benar sehingga gigi menjadi berlubang.

Jadi Sobat Joy, biasakan anak-anak untuk membersihkan gigi menggunakan pasta gigi yang berfluoride. Jangan biarkan anak-anak langsung tidur setelah minum susu. Minimal, ajak anak untuk berkumur dengan air putih bila tidak memungkinkan. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi di klinik gigi terpercaya minimal 6 bulan sekali. Dengan rutin memeriksakan kondisi gigi, maka kerusakan gigi dapat diatasi lebih dini.
Ditinjau oleh: drg. Hardono Jaya Lauson


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *