Kurangi Memberi Anak Makanan Manis Jika Tak Ingin Giginya Menghitam

Bagikan artikel ini

4c4e4c7d-655e-4179-8e65-d09719b96de3_43Jakarta, Makanan manis memang selalu menjadi favorit anak-anak. Namun hati-hati, terlalu banyak memberikan makanan manis justru bisa membuat gigi anak jadi cepat menghitam lho.

Demikian disampaikan oleh dokter gigi yang berpraktik di Klinik An-Nur, Setiabudi, Bandung, drg Yulia Prapti. Menurutnya, kondisi gigi yang hitam memang banyak ditemui pada anak-anak.

“Gigi yang berwarna hitam adalah suatu kondisi di mana gigi sudah mengalami kerusakan sehingga gigi keropos dan berlubang. Pada kondisi yang parah dapat disertai pembengkakan di gusinya,” tutur drg Yulia kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Kamis (17/9/2015).

Kondisi ini biasanya disebabkan karena anak-anak terbiasa minum susu botol yang manis atau makanan dan minuman manis lainnya dalam jumlah banyak. Sayangnya, kebiasaan ini tak diimbangi dengan penyikatan gigi yang baik dan benar sehingga gigi menjadi keropos.

Untuk anak-anak usia 3 tahun sampai kurang lebih 8 tahun penyikatan gigi masih harus didampingi oleh orang tua. Ini supaya proses penyikatan gigi dapat dilakukan dengan baik dan benar, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal juga.

“Jadi mulai sekarang kurangi makan makanan dan minuman yang manis-manis. Rajin menggosok gigi yang baik dan benar. Kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali ya,” pesan drg Yulia.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *