Ini Akibatnya Kalau Gigi Berlubang Didiamkan dan Tak Ditambal

Karena berbagai alasan tertentu, orang-orang seringkali mengabaikan kesehatan giginya. Bahkan gigi yang sudah bolong pun didiamkan bertahun-tahun tanpa ditambal ke dokter gigi.

Jangan anggap enteng, gigi yang tak terpelihara dengan baik efeknya bisa memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan lho. Bahkan masalah yang kelak timbul tak sebatas di area mulut saja.

Menurut drg Yulia Prapti dari Klinik An-Nur, Setiabudi, Bandung, gigi berlubang yang dibiarkan dalam waktu lama dan tidak dilakukan perawatan akan menyebabkan bakteri semakin menumpuk. Bakteri ini kemudian dapat menimbulkan penyakit lain di dalam rongga mulut dan penyakit pada organ tubuh lainnya.

“Kondisi yang paling awal karena bertumpuknya bakteri akan menimbulkan bau mulut, peradangan gusi, infeksi gigi yang menyebabkan abses gigi atau nanah,” tuturnya kepada detikHealth dan ditulis pada Jumat (27/3/2015).

drg Yulia melanjutkan bahwa abses pada jaringan di bawah gusi dalam waktu lama juga dapat menyebabkan kista gigi, yang kemudian berujung pada tindakan operasi pengangkatan kista tersebut.

Tak cuma itu, gigi berlubang dan tidak segera dilakukan perawatan dalam jangka waktu yang panjang juga dapat menjadi fokal infeksi. Fokal infeksi yaitu suatu infeksi kronis di suatu tempat yang memicu penyakit lain.

“Bakteri dalam gigi yang menjadi fokal infeksi tadi dapat menyebar melalui sirkulasi darah atau pembuluh darah dan dapat menginfeksi organ-organ lain seperti organ pencernaan, organ pernapasan, organ jantung dan lain-lain. Jadi segeralah melakukan perawatan pada gigi yang berlubang agar tidak menimbulkan penyakit lain yang lebih parah,” pesan drg Yulia.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti gigi berlubang besar dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi

2 thoughts on “Ini Akibatnya Kalau Gigi Berlubang Didiamkan dan Tak Ditambal

1. dae

Selamat siang, saya ingin bertanya. Untuk tambal gigi komposit di joy dental harganya berapa ya?

• admin

Pagi Dae, untuk biaya penambalan sudah dikirimkan via email ya. Terima Kasih