Beranda » Konsultasi » Kenapa Ngilu Setelah Tambal Gigi?

Kenapa Ngilu Setelah Tambal Gigi?

Januari 31, 2015

TANYA :  Dok, saya pergi ke puskesmas sudah 3 minggu yang lalu untuk tambal gigi geraham atas kiri dan kanan. Setelah dilakukan pembersihan dan tambal temporary 2 kali, gigi saya di tambal permanen oleh dokter. Setelah ditambal gigi geraham atas kanan dan kiri kalau mengunyah makanan hanya nasi saja terasa ngilu sepertinya tambalan saya tidak keras. Yang mau saya tanyakan, apakah tambalan gigi saya bermasalah, karena kalau mengunyah makanan yang lunak saja terasa ngilu gigi dan setelah makan juga gigi bekas tambalan terasa ngilu. dan kenapa ada rasa Ngilu Setelah Tambal Gigi ? Terima kasih dokter.

(Zainul Arifin, 35 tahun, Jakarta)

Ngilu Setelah Tambal Gigi

JAWAB: Bapak Zainul yang baik,

Melihat jumlah perawatan yang diberikan terhadap kedua gigi geraham anda, sepertinya anda sudah diberikan perawatan saluran akar gigi. Perawatan saluran akar gigi adalah perawatan gigi dengan melakukan tindakan pengambilan saraf, pembuluh darah, dan jaringan yang sudah terinfeksi lainnya pada ruang pulpa (ruang pada gigi yang berisi pembuluh darah dan saraf) dan saluran akar gigi anda, kemudian dilakukan pembesaran saluran akar sampai steril dan cukup untuk dilakukan pengisian dengan bahan pengisi saluran akar.

Seharusnya jika seluruh tahapan perawatan saluran akar sudah dilakukan dengan baik, maka tidak akan ada lagi keluhan dari pasien. Namun, perawatan saluran akar bisa saja mengalami kegagalan, atau hal ini disebut flare-up perawatan saluran akar. Flare-up dapat terjadi pada kondisi saluran akar yang kurang steril, sehingga bakteri masih terjebak di dalam saluran akar gigi, sehingga menimbulkan rasa sakit kembali pada pasien. Sehingga, sedikit saja rangsangan yang diterima gigi, seperti mengunyah makanan lunak sekalipun akan terasa sakit.

Baca Juga : Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Implan Gigi

Pemilihan bahan tambalan tetap setelah perawatan saluran akar-pun tidak sembarangan, karena setelah perawatan saluran akar sudah tidak ada lagi atap pulpa gigi yang menyatukan seluruh permukaan gigi, serta pembuluh darah dan saraf yang mensuplai kebutuhan nutrisi pada gigi anda terhenti. Sehingga struktur gigi anda yang telah dilakukan perawatan saluran akar akan melemah. Jika bahan tambal yang diberikan tidak tepat, maka akan menyebabkan gigi anda fraktur (pecah), hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit kembali.

Saat ini, sebaiknya anda kembali ke Dokter Gigi terdahulu untuk dilakukan perawatan saluran akar ulang, dan diberikan tambalan yang sesuai. Sampaikan segala keluhan anda, sehingga Dokter Gigi akan memberikan perawatan yang tepat untuk anda. Jika anda kurang puas, anda dapat berkonsultasi kepada Dokter Gigi lainnya, karena itu memang hak seorang pasien. Sebagai informasi, anda dapat mendatangi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Drg., SpKG), karena mereka mendalami ilmu untuk kasus-kasus seperti yang anda alami.

Demikian Bapak Zainul, semoga membantu.

Salam gigi sehat.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk Update informasi. Tips & trik menjaga kesehatan gigi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram