Gigi Bungsu Tumbuh Miring, Haruskah Dioperasi?

Bagikan artikel ini

Di usia 18-25 tahun, seseorang biasanya akan mengalami tumbuhnya gigi bungsu, yakni gigi geraham yang letaknya di posisi paling belakang rahang. Namun sayang, pada beberapa orang, gigi bungsu ada yang tumbuh dengan posisi tak normal. Haruskah dioperasi?

Dikatakan drg Yulia Prapti dari klinik An-Nur, Setiabudi, Bandung, ada posisi gigi bungsu yang tumbuh tidak dalam posisi berdiri tapi cenderung miring dan mendorong gigi di depannya.

“Pada dasarnya posisi gigi tumbuh itu tergantung faktor genetik. Pas gigi bungu tumbuh, karena dia paling terakhir otomatis gigi lainnya sudah penuh kan,” tutur drg Yulia kepada detikHealth saat ditemui di area gedung TransTV, Jl. Kapt Tendean, Jakarta, dan ditulis pada Senin (12/5/2014).

Jika kebetulan rongga mulut yang bersangkutan kecil sedangkan kondisi gigi sudah penuh, maka si gigi bungsu akan tumbuh miring dan berjejal dengan gigi di depannya. drg Yulia menyebutkan kondisi ini bisa terjadi ketika ada kombinasi genetik dari ayah atau ibu.

Bisa saja ukuran rahang mengikuti ayah yaitu kecil tetapi bentuk gigi mengikuti ibu. Sehingga seseorang bisa memiliki rahan kecil dengan gigi berjejal. Nah, jika tumbuh miring, haruskah gigi bungsu diangkat?

“Kalau giginya tumbuh walaupun miring tapi normal dalam artian nggak bikin sakit, ditunda saja dulu operasi untuk ngangkat gigi itu,” lanjut drg Yulia.

Efek dari operasi gigi pun bisa menimbulkan tingkat bengkak pada gusi dan pipi yang berbeda. Sebab, operasi pengangkatan gigi sejatinya adalah tindakan bedah yang otomatis bisa menimbulkan trauma. Jika trauma kecil maka tidak menimbulkan bengkak.

Begitu sebaliknya saat trauma yang terjadi besar maka pipi bisa bengkak. Trauma sendiri adalah tingkat kesulitan saat mencabut gigi bungsu dan dipengaruhi kekerasan akar kiki, kedalaman gigi, ukuran gigi, dan derajat kemiringan gigi.

“Habis operasi sebaiknya jangan makan yang keras dululah ya. Bubur atau cereal boleh aja, mau makan nasi juga nggak apa-apa asal pasiennya nyaman. Jus buah sangat dianjurkan,” kata drg Yulia.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti Cabut gigi bungsu murah Yogyakarta, operasi gigi bungsu di jogja dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

6 thoughts on “Gigi Bungsu Tumbuh Miring, Haruskah Dioperasi?

  1. Diana

    Dok, harga perawatan untuk cabut gigi bungsu berapa ya . Saya ingin mengetahui budgetnya supaya bisa melakukan cabut gigi bungsu .makasih

    • admin

      Selamat Pagi Yusnita, untuk biaya cabut gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

      • Amanda wijayanti

        Biaya oprasi cabut gigi bungsu berapa ya dok ?

        • admin

          Selamat Siang Amanda, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  2. Jajang

    Gigi bungsu saya miring dan sudah melubangi gigi depan nya mau di cabut dok,,, dan untuk harganya berapa yah…

    • Joy Dental

      Selamat Sore Jajang, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close