Beranda » Artikel » Gigi Gingsul, Harus Dipertahankan Atau Dicabut Ya?

Gigi Gingsul, Harus Dipertahankan Atau Dicabut Ya?

Maret 7, 2022

Penulis : drg. Yenny Maria, Sp. Ort.

Tidak hanya Gigi Kelinci, Pembuatan Gigi Gingsul juga Banyak Peminatnya. Bolehkah

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA - Banyak yang mengatakan kalau punya gigi gingsul itu manis, benarkah demikian? Bahkan trend saat ini, banyak yang awalnya giginya rapi, malah dibuat gigi gingsul. Bagaimana dampak gigi gingsul terhadap kesehatan gigi dan mulut? Gigi gingsul merupakan kondisi gigi yang tidak tumbuh sejajar atau keluar dari lengkung gigi normal.

Apa Penyebab Gigi Gingsul?

Gigi taring atas yang sering terjadi gingsul merupakan gigi yang paling terakhir tumbuh sehingga hanya mendapatkan sisa ruang dr lengkung gigi.  Gigi gingsul sebenarnya merupakan salah satu kelainan letak gigi yang disebabkan oleh banyak faktor antara lain : kekurangan ruang untuk tumbuh karena lengkung gigi yang terlalu kecil atau ukuran gigi yang terlalu besar. Gigi gingsul juga dapat disebabkan karena faktor keturunan / genetik.

Cara Mengatasi Gigi Gingsul

Bagaimana cara mengatasi gigi gingsul ? Gigi gingsul dapat di rapikan dengan behel gigi, alat Orto lepasan atau menggunakan Clear Aligner, seperti contoh kasus dibawah ini :

gigi maju setelah perawatan behel

Bila ditinjau dari segi medis, gigi gingsul dapat menyebabkan beberapa gangguan antara lain : kesulitan pembersihan sisa makanan sehingga makanan akan mudah terselip dan akan menyebabkan gigi berlubang. Pada beberapa pasien gigi taring yang letaknya terlalu tinggi akan menyebabkan sariawan karena gesekan gigi yang berulang pada bibir. Gigi taring berfungsi untuk menyobek makanan, dengan adanya gigi gingsul ini dapat menyebabkan fungsi pengunyahan menjadi berkurang, Sobat Joy.

Gigi taring banyak sekali manfaat nya untuk kesehatan, jadi Sobat Joy Dental, jika memiliki gigi gingsul sebaiknya dirapikan ya, jangan dicabut. Konsultasikan keluhan gigi gingsul Sobat Joy dengan dokter gigi di Klinik gigi Joy Dental. Kami tunggu kedatangan nya di Klinik gigi Joy Dental ya..

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi :

Bishara, S.E., 2001. Textbook Of Orthodontics, W. B. Saunders Company, Philadelphia, p. 83 - 86.

Nazruddin, 2008, Peranan Ortodonti pada Perawatan Kelainan Susunan Gigi Geligi yang tidak teratur (Maloklusi), Universitas Sumatra Utara, Medan, p. 21 - 22.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram