Gigi Geraham Bolong dan Pecah, Haruskah Dicabut?

Beberapa orang takut pergi ke dokter gigiKawat Gigi, Demi Kesehatan atau Estetika?... baca selengkapnya.... Meskipun gigi sudah bolong masih juga ‘disayang-sayang’. Alhasil bolong di gigi bertambah lebar dan dalam, lalu gigi pun pecah. Separuh gigi yang pecah lantas goyah, namun separuh lainnya masih melekat kuat di gusi. Saat kondisi ini terjadi, haruskah gigi dicabutGigi Geraham Bungsu Impaksi... baca selengkapnya...?
“Gigi itu kalau sudah rusak, bolong, itu fokus infeksi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya.... Hati-hati infeksi di sekitar gigi bisa menyebar ke organ yang lain. Karena bakteri bisa masuk melalui pembuluh darah4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya.... Kalau menurut saya, kalau sudah seperti itu harus dicabutGigi Berlubang Besar... baca selengkapnya...,” terang Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD, guru besar FKG dan FIK UI, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (7/4/2015).

Jika sisa akarAlasan Mengapa Gigi Perlu Di Cabut... baca selengkapnya... gigi masih tertanam di gusi, maka perlu operasi kecilGigi Bungsu, Masalah Dan Pengobatanya... baca selengkapnya... untuk mencabutnya. Tapi jangan bergidik ngeri dulu, karena prosedur ini tentu akan melibatkan anestesi agar pasien tidak merasa sakit saat gigi dicabut.

“Kalau gigi tetap sudah otek-otek (goyah) maka sebelum pencabutanGigi Berlubang Besar dan Hitam... baca selengkapnya... diberi anestesi topikal. Kalau masih agak dalam akarnya, maka harus menggunakan anestesi yang penyuntikan, karena yang topikal sudah tidak mempan,” lanjut Prof Heriandi.

“Penyuntikan juga ada caranya masing-masing, yang jelas suntikan itu untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pendarahanGigi Bungsu, Masalah Dan Pengobatanya... baca selengkapnya.... Jarum juga harus steril untuk meminimalkan infeksi,” imbuhnya.

Pada beberapa kasus, tambah Prof Heriandi, gigi bolong bisa mengalami pembusukan. Tandanya gigi pernah sangat sakit, setelah itu menghilang karena gigi mengalami kematian. Tanda gigi sudah mati adalah warnanya menjadi lebih gelap jika dibanding gigi lainnya. Warnanya berubah lantaran sel-sel pembuluh darah yang mati.

Umumnya gigi yang mati akan dicabut. Namun bisa juga dirawat tanpa perlu dicabut. Karena dengan perawatan yang dilakukan dokter gigi, maka gigi matiAlasan Mengapa Gigi Perlu Di Cabut... baca selengkapnya... masih bisa berfungsi seperti gigi sehatTips Rutin Menjaga serta Merawat Kesehatan Gigi & Mulut... baca selengkapnya....