Beranda » Konsultasi » Gigi Berantakan Lagi Setelah Lepas Behel

Gigi Berantakan Lagi Setelah Lepas Behel

April 15, 2015
Ditulis oleh Joy Dental

TANYA : Dok, saya sudah 3 tahun lebih memakai kawat gigi. Namun sempat saya lepas behel karena bagi saya dan dokter yang menangani, gigi sudah rapi. Tetapi setelah melepas kawat gigi, dokter saya tidak memberikan perawatan agar gigi tidak goyah lagi. Yang membuat saya kecewa, gigi bagian bawah kembali seperti mulanya sebelum saya memakai kawat. Menurut dokter Citra, haruskah mencabut saya gigi lagi? Dan apakah ada batasan yang baik jika memakai kawat gigi maksimal berapa tahun? Terima Kasih.

(Viska, 20, Ngawi)

Gigi Berantakan Lagi Setelah Lepas Behel
JAWAB : Hai Viska,

Meskipun telah dilakukan perawatan kawat gigi untuk merapihkan gigi oleh Dokter Gigi terbaik sekalipun, gigi-gigi yang telah dirawat tersebut akan bergerak dan kembali ke posisi awal mereka (relapse). Hal ini bukan karena gagalnya perawatan kawat gigi tersebut, namun merupakan hal yang alami dari proses biologis tulang, gigi, dan gusi.

Oleh karena itu, memang sebaiknya setelah selesai dilakukan perawatan dengan kawat gigi, harus dilakukan pemasangan retainer (alat untuk mempertahankan posisi gigi-gigi yang sudah selesai dilakukan perawatan kawat gigi). Lama pemakaian-nya tergantung kasus, biasanya diperlukan 9-12 bulan atau lebih. Hal ini berfungsi untuk menahan gigi yang telah rapih agar tidak kembali berantakan.

Pada dasarnya, ada 2 macam orthodontic retainer, yaitu cekat dan lepasan. Retainer cekat secara permanen dipasangkan pada gigi anda, namun fungsinya berbeda dengan kawat gigi anda sebelumnya. Sedangkan retainer lepasan terdapat 2 jenis bahan, yaitu yang terbuat dari akrilik-kawat, dan clear retainer.

Mungkin saat ini, sebaiknya anda konsultasi kembali ke Dokter Gigi yang dulu memasangkan kawat gigi kepada anda, atau anda juga boleh mencari Dokter Gigi Spesialis Kawat Gigi (Drg.,Sp.Ort) yang lainnya.

Menurut saya, jika bagian bawah gigi anda relapse-nya ringan mungkin saja tidak perlu pencabutan gigi lagi. Namun, sebelum memutuskan itu semua, anda tetap harus datang langsung ke Dokter Gigi untuk dilakukan pemeriksaan.

Sedangkan rentang waktu pemakaian kawat gigi tergantung pada kasus dan respon jaringan di dalam mulut anda. Tidak ada patokan khusus harus sekian tahun.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Demikian Viska, semoga membantu.

Salam gigi sehat.

Sumber:

tekno.kompas.com/read/2012/11/05/09302738/gigi.berantakan.lagi.setelah.lepas.behel

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Seberang Samsung Service Center)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti biaya lepas behel, jenis jenis behel, harga lepas behel, biaya lepas behel di dokter gigi, konsultasi dokter gigi, lepas behel, biaya merapikan gigi yang berantakan, harga lepas behel di dokter gigi, harga melepas behel, konsultasi dokter gigi online dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram