Beranda » Artikel » Cara Meredakan Sakit Gigi Saat di Rumah

Cara Meredakan Sakit Gigi Saat di Rumah

Januari 5, 2022
Ditulis oleh Joy Dental

Cara Meredakan Sakit Gigi di Rumah
Cara Meredakan Sakit Gigi di Rumah
. Hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit gigi. Sakit gigi dapat mempengaruhi segala aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Makan tidak nyaman, minum dingin tidak nyaman, bahkan ketika tidur pun rasa sakit pada gigi bisa dirasakan sehingga Sobat Joy menjadi sulit untuk memejamkan mata.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya gigi berlubang, gigi patah, gigi bungsu terpendam atau gigi impaksi. Idealnya, jika Sobat Joy sedang mengalami sakit gigi sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan di klinik gigi atau dokter gigi terdekat supaya dapat diobati. Akan tetapi, jika Sobat Joy tidak ada waktu untuk ke dokter gigi atau sedang sibuk karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, sakit gigi dapat diatasi dirumah.

Berikut cara meredakan sakit gigi dan mengurangi sakit gigi yang bisa Sobat Joy lakukan di rumah :

  1. Kumur dengan air garam
    Garam telah terbukti secara ilmiah bisa membantu mengeluarkan air dari jaringan mulut sekaligus menciptakan penghalang yang dapat mengunci air dan patogen berbahaya agar tidak masuk kembali. Berkumur dengan air garam dipercaya dapat mencegah virus dan bakteri, mengurangi kemungkinan infeksi di mulut dan tenggorokan, serta meredakan peradangan pada kasus-kasus tertentu. Caranya mudah, cukup campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan sebagai obat kumur. Air garam juga dapat menjadi disinfektan alami untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut lho, Sobat Joy.
  1. Kompres dengan air dingin
    Sakit gigi biasanya disertai dengan pipi yang membengkak. Nah, untuk meredakan kondisi tersebut, Sobat Joy bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Cara mengobati sakit gigi satu ini termasuk yang paling mudah dan sederhana.  Selain meredakan bengkak, kompres dingin juga membantu untuk mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi. Kompres dingin dilakukan dengan cara membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit-20 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi Sobat Joy mereda.
  2. Minum obat Pereda rasa nyeri
    Cara mengobati sakit gigi lainnya yang bisa Sobat Joy coba di rumah adalah minum obat pereda nyeri. Ada banyak obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek. Pastikan Sobat Joy membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan dengan teliti. Ingat, jika nyeri di gigi Sobat Joy tidak juga membaik, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis ke dokter gigi yaa. Hal ini dilakukan agar Sobat Joy mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Beberapa cara diatas dapat membantu Sobat Joy untuk meredakan rasa sakit gigi di rumah hanya untuk sementara. Sobat Joy tetap harus memeriksakan kondisi gigi yang sakit agar dapat diketahui penyebabnya dan ditangani dengan perawatan yang tepat sehingga kondisi gigi yang sakit tidak semakin parah. Jangan ragu untuk memeriksakan kondisi gigimu ke dokter gigi ya Sobat Joy, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Ditinjau oleh drg. Risty Wulan P.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram