Cara Merawat Gigi Geraham

Bagikan artikel ini

Selalu menjaga, merawat dan mempertahankan kesehatan gigi merupakan hal yang penting. Gigi yang dibiarkan begitu saja tanpa perawatan yang optimal akan menyebabkan munculnya berbagai macam gangguan, apalagi jika yang terserang adalah gigi geraham. Gigi geraham memegang peranan penting dalam sistem pengunyahan, sehingga gangguan pada gigi geraham berpotensi menyebabkaan gangguan pada organ pencernaan lainnya seperti lambung. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan tersebut, ada baiknya mengetahui beberapa tips dan triks cara merawat gigi geraham. Apa saja tips dan triksnya?

Tips dan Triks

Berikut ini beberapa tips dan triks cara merawat gigi geraham sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Dental flosh. Gunakan dental flosh atau benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip atau menempel pada permukaan gigi dan tidak terjangkau oleh sikat gigi. Penggunaan dental flosh ini berguna untuk mencegah pembentukan plak gigi.
  • Sikat gigi. Sikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi yang mengandung kalsium dan fluor sebagai penguat dan pelindung gigi. Lakukan sikat gigi secara teratur minimal dua kali, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur malam.
  • Kumur. Gunakan obat kumur yang mengandung antiseptik untuk mencegah perkembangbiakan bakteri yang timbul pada plak gigi. Terdapat banyak sekali obat kumur yang bisa dipilih, mulai dari yang kemasan hingga penggunaan air rebusan daun sirih. Plak gigi terbentuk apabila sisa makanan yang menempel pada gigi dalam waktu lebih dari 24 jam tidak segera dibersihkan.
  • Kontrol. Rajin kontrol atau mengunjungi dokter gigi minimal setiap enam bulan untuk mengetahui kesehatan dan kondisi gigi, termasuk diantaranya kemungkinan terbentuknya karang gigi. Karang gigi adalah plak yang tidak segera dibersihkan dan lama kelamaan mengeras.
  • Tindakan. Lakukan penindakan apabila terdapat lubang pada gigi. Jenis tindakan dapat berupa penambalan pada lapisan permukaan gigi yang berlubang. Namun demikian, apabila terdapat gigi yang keropos ataupun hancur, pertimbangkan untuk menggunakan gigi tiruan lepasan ataupun permanen.

Demikianlah beberapa tips dan triks cara merawat gigi geraham. Lakukan perawatan gigi geraham dengan baik agar tidak terjadi kerusakan berupa gigi berlubang hingga keropos. Pertimbangkan untuk segera melakukan perbaikan berupa penggunaan gigi tiruan apabila gigi geraham yang keropos tadi tidak dapat diperbaiki. Kerusakan gigi geraham yang menyebabkan gigi tanggal dan tidak segera diperbaiki akan dapat mengganggu dan menimbulkan berbagai permasalahan gangguan kesehatan seperti gingivitis dan kerusakan tulang rahang. Semoga bermanfaat.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close