Bor Gigi Bermusik Ciptaan Dokter Indonesia

Bagikan artikel ini

Anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun biasanya tidak suka memeriksakan gigi ke dokter gigiMenjaga Kesehatan Gigi Anak Itu Penting Loh... baca selengkapnya.... Suara peralatan dokter gigi yang seram kerap membuat para pasien takut untuk ke dokter gigi. Namun Dhanni Gustiana menciptakan solusi bor gigiBor Gigi Ala Indonesia Ini, Ful Musik... baca selengkapnya... yang ramah pasien.

Dokter gigi asal Purworejo, Jawa Tengah, itu menciptakan drill (bor) gigi yang dapat mengeluarkan lagu. Sehingga alih-alih mengeluarkan bunyi yang menakutkan, bor gigi itu akan melantunkan musik yang bisa membuat pasien lebih tenang. Bahkan pasien bisa memilih sendiri lagu yang ingin mereka dengar.

Suara merdu tersebut keluar dari mikro speaker yang diletakkan di ruang kosong pada bor. Suara bising yang ditimbulkan bor mencapai 85 desibel itu kemudian dihilangkan dan diganti dengan lagu-lagu dari Mp3. “Pasien akan mendengar musik lebih keras ketika mereka membuka mulut mereka dibandingkan dengan saat menutup mulut,” ujar Dhanni

“Anak-anak sebenarnya tidak takut dengan dokter, kebanyakan dari mereka takut dengan bor gigi,” papar Dhanni. “Kamuflase alat membuat anak-anak tidak takut lagi dengan dokter gigi, pasien pun semakin bertambah.”

Dhanni harus merogoh kocek sebanyak Rp 6 juta untuk memodifikasi bor gigi biasa. Ia menciptakan alat bernama Singing Dental Drill ini setelah melakukan percobaan selama setahun. Ia memulai menciptakan yang pertama pada 2006 lalu.

Dhanni sudah memperkenalkan bor kreasinya ini di acara Kongres Dokter Gigi Internasional di Yunani pada awal tahun ini. Bor gigi buatan Dhanni telah mendapatkan paten dan mendapatkan berbagai penghargaan internasional.


Bagikan artikel ini

2 thoughts on “Bor Gigi Bermusik Ciptaan Dokter Indonesia

  1. Eka

    Assalamualaikum. Maaf sebelumnya. Boleh Tanya.. gak..itu biyaya. Pasang kawat giginya berapa yah..trus giginya bisa rapat kira kira dalam berapa bulan.makasih
    .

    • admin

      Selamat siang Eka, untuk biaya pemasangan kawat gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close