Beranda » Artikel » Bahaya Memakai Gigi Palsu Lepasan Saat Tidur

Bahaya Memakai Gigi Palsu Lepasan Saat Tidur

Maret 4, 2022

Penulis : drg. Fauzia Jauhara

Bahaya memakai gigi palsu lepasan saat tidur

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA – “Asyik, gigi palsu lepasanku sudah jadi!” Hayo, Sobat Joy Dental, siapa yang pernah kegirangan begini sewaktu gigi palsu nya sudah jadi dan terpasang cantik di rongga mulut yang sudah sekian lama ompong? Rasanya ingin dipakai sepanjang waktu karena lebih nyaman dan meningkatkan rasa percaya diri Sobat Joy Dental. Tapi apakah Sobat Joy Dental sudah tahu, kalau gigi palsu lepasan sebaiknya dilepas ketika malam hari saat tidur? Membiarkan gigi palsu lepasan terpasang semalaman selama tidur menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Apa Saja Masalah yang Timbul Akibat Memakai Gigi Palsu Lepasan Saat Tidur ?

  1. Penyusutan atau Resorpsi Tulang Penyangga
    Resorpsi tulang penyangga pada pasien yang memakai gigi palsu lepasan adalah hal yang normal terjadi dalam kurun waktu yang lama. Namun, tekanan yang diberikan pada gusi dan tulang di bawah gigi palsu selama tidur dapat mempercepat proses resorpsi tulang.

 

  1. Gigi Palsu Lebih Cepat Terasa Longgar
    Sebagai akibat dari resorpsi tulang, gigi palsu lepasan akan menjadi longgar lebih cepat. Gigi palsu longgar menyebabkan sisa makanan terselip di ruang antara gusi dan gigi tiruan. Hal tersebut dapat mengakibatkan masalah peradangan gusi dan bau mulut, yang pastinya sangat mengganggu ya, Sobat
    Joy Dental.

  1. Pertumbuhan Bakteri
    Area pertemuan gigi palsu dengan gusi merupakan tempat yang sempurna bagi bakteri untuk tumbuh yang akhirnya menyebabkan penyakit gusi dan bau mulut. Dengan melepas gigi palsu lepasan pada malam hari sebelum tidur artinya Sobat Joy Dental memberi kesempatan gusi untuk beristirahat dan bebas dari bakteri semalaman. Pertumbuhan bakteri juga terjadi di area gigi yang menjadi pegangan gigi palsu lepasan parsial. Hati-hati ! gigi yang tadinya sehat bisa menjadi karies gigi atau gigi berlubang lho, Sobat Joy Dental!

Baca Juga: Pertimbangan Memilih Gigi Palsu

  1. Radang gusi
    Tidur dengan gigi palsu lepasan dapat menghalangi jalan aliran air liur yang akhirnya menyebabkan kondisi yang disebut denture stomatitis. Denture stomatitis adalah suatu kondisi gusi bengkak dan menjadi merah, akibat gusi di bawah gigi palsu lepasan ditumbuhi jamur dan meradang.

 Wah, ternyata banyak masalah yang timbul ya kalau Sobat Joy Dental tidak melepas gigi palsu lepasan sebelum tidur. Setelah dilepas, gigi palsu lepasan dibersihkan di bawah air mengalir untuk melepaskan sisa-sisa makanan yang menempel dan disikat perlahan dengan sikat gigi berbulu halus. Kemudian, gigi palsu dapat direndam semalaman di dalam wadah berisi air atau cairan khusus denture cleanser. Jangan lupa juga sikat gigi malam dan berkumur untuk membersihkan area gusi sebelum tidur ya Sobat Joy Dental!

 

Sobat Joy Dental masih ada pertanyaan lain seputar gigi palsu? Ayo, kami tunggu kedatangannya di Klinik Gigi Jogja Joy Dental! Dokter gigi Joy Dental siap memberikan perawatan yang menyeluruh demi kepuasan dan kesehatan Sobat Joy Dental.

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi :

Duyck, J., et. al., 2016, Impact of Denture Cleaning Method and Overnight Storage Condition on Denture Biofilm Mass and Composition: A Cross-Over Randomized Clinical Trial, PloS ONE Journals, Vol. 11 No. 1.

Sharma D. dan Sharma N., 2015, Denture Stomatitis – A Review, IJOCR, Vol. 3 No. 1.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram