Beranda » Artikel » 11 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Paling Efektif

11 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Paling Efektif

Desember 28, 2021
Ditulis oleh Joy Dental

11 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Paling Efektif
Tahukah Sobat Joy Dental, gigi merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia loh. Apakah Sobat Joy pernah mengalami nyeri gigi atau gusi bengkak.? Hal ini biasanya disebabkan karena adanya jutaan bakteri yang ada di mulut. Oleh sebab itu, Sobat Joy perlu melakukan perawatan dan memperhatikan kebiasaan sehari-hari untuk mendapatkan gigi yang sehat. Bahkan, jika Sobat Joy sudah memiliki gigi yang bagus dan sehat wajib untuk tetap merawat gigi agar mencegah resiko terkena masalah pada gigi. Pada artikel ini min Joy akan membahas beberapa cara menjaga kesehatan gigi.

Berikut adalah beberapa cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan gigi:

  1. Menggosok gigi secara teratur
    Menggosok gigi dengan baik dan benar yang dilakukan secara teratur sangat dianjurkan untuk membersihkan plak pada permukaan gigi dan gusi. Sehingga gigi terhindar dari kerusakan akibat penumpukkan plak serta mencegah penyakit gigi dan mulut. Menurut American Dental Association (ADA), idealnya menggosok gigi dilakukan 2 kali dalam sehari dengan pasta gigi selama 2 menit. Utamakan menggosok gigi sebelum tidur ya, Sobat Joy terutama setelah makan dan minum yang mengandung gula.
  2. Menggunakan pasta gigi berfluoride
    Selain menggosok gigi secara teratur. Sobat Joy juga perlu menggunakan pasta gigi yang berfluoride agar membantu memperkuat enamel gigi dan mencegah kerusakan pada gigi. Bagi anak-anak terutama usia 1-2 tahun tidak diwajibkan menggunakan pasta gigi berfluoride. tetapi bisa menggunakan pasta gigi khusus anak-anak karena lebih aman untuk kesehatan dan mengurangi resiko akibat tertelan. Fluoride sendiri memiliki beberapa manfaat diantaranya. Membunuh bakteri penyebab plak gigi, mengurangi tingkat kelarutan email gigi dalam suasana asam dan remineralisasi kembali lesi pada email.
  3. Menggunakan dental floss
    Dental floss atau benang gigi merupakan solusi untuk menyingkirkan kotoran atau sisa-sisa makanan membandel disela-sela gigi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang menggunakan dental floss secara rutin memiliki resiko lebih rendah terkena masalah gigi dan gusi karena penggunakan dental floss mampu mencegah terbentuknya plak dan karang gigi sehingga resiko bau mulut, kerusakan gigi dan penyakit gingivitis atau periodontitis dapat dihindari.
  4. Rutin ganti sikat gigi
    Menyikat gigi dengan sikat gigi yang sudah lama tidak diganti membuat hasil tidak maksimal. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan terbentuknya plak pada gigi, karena bulu pada sikat sudah tidak mampu membersihkan sisa makanan dengan baik. Menurut American Dental Association, seseorang perlu mengganti sikat gigi kurang lebih setiap 3 bulan.
  5. Menggosok gigi dengan benar
    Tidak hanya rutin menggosok gigi, tetapi Sobat Joy perlu menerapkan menggosok gigi dengan benar. Meskipun sudah dilakukan rutin 2 kali sehari, tetapi jika dilakukan dengan terburu-buru atau dengan cara yang salah tidak menutup kemungkinan gigi tetap mengalami kerusakan. Jadi, ada beberapa cara yang perlu Sobat Joy ketahui untuk menyikat gigi dengan benar. Yang pertama, arahkan sikat gigi Sobat Joy ke bagian garis gusi sehingga sikat gigi dapat menjangkau bagian gusi dan gigi serta sela-selanya. Lalu, gosoklah gigi dengan lembut dan gerakkan memutar usahakan tidak terlalu keras dengan arah ke depan dan belakang. Ketiga, gosoklah semua gigi di semua masing-masing gigi.
  6. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi
    Rutin periksa gigi minimal setiap 6 bulan sekali mampu mengatasi plak pada gigi yang menempel sehingga meminimalisir penumpukan karang gigi. Selain itu, masalah-masalah gigi lainnya seperti karies, penyakit gusi dan gangguan yang menyerang mulut lainnya akan terdeteksi lebih awal sehingga dapat segera ditangani oleh dokter.
  7. Hindari merokok
    Selain mengganggu kesehatan tubuh, merokok dapat menyebabkan kerusakan gigi, gusi dan mulut. Kebiasaan merokok ini juga sering dihubungkan dengan terjadinya gigi kuning, peradangan gusi, gusi menghitam, bau mulut hingga kanker mulut. Hal ini disebabkan karena rokok terdiri dari tembakau, tar, nikotin, karbon monoksida, ammonia dan zat bahaya lainnya.
  8. Hindari makan dan minum yang terlalu manis
    Makanan manis dengan tekstur yang lengket sulit dibersihkan dari permukaan gigi sehingga gigi akan terendam dalam cairan gula yang jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada permukaan email gigi atau memicu terjadinya karies.
  9. Jaga kebersihan alat-alat yang bersinggungan langsung dengan gigi dan mulut
    Sobat Joy yang sedang perawatan behel, clear aligner, retainer, memakai gigi tiruan dan penunjang lainnya, wajib menjaga kebersihan alat-alat terserbut karena bersinggungan langsung dengan kesehatan gigi dan mulut Sobat Joy Dental. Bersihkan alat-alat penunjang tersebut sesuai dengan anjuran dari dokter gigi yaa.
  10. Makan sehat
    Sobat Joy harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi agar terhindar dari penyakit, sehingga tubuh menjadi sehat serta resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut akan semakin menurun.
  11. Terapkan gaya hidup sehat
    Menerapkan gaya hidup sehat seperti minum air putih secara teratur setidaknya minimal 8 gelas per hari, rajin berolahraga, membiasakan hidup bersih, makan makanan yang bergizi dan sehat, yang terakhir istirahat yang cukup juga akan membantu Sobat Joy untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan juga mulut secara keseluruhan.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk Update informasi. Tips & saran menjaga kesehatan gigi

Ditinjau oleh drg. Bagus Darmawan

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram