pasang behel jogja, pasang kawat gigi jogja, harga behel yogya, harga kawat gigi jogjakarta, biaya pasang behel gigi yogyakarta, klinik gigi jogyakarta, behel gigi sehat permanen yogja, kawat gigi permanen yogjakarta, Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta | Praktek Dokter Gigi Yogyakarta | Pasang Kawat Gigi Yogyakarta | Pasang Behel Yogyakarta | Perawatan Orthodontik | Dental Care Yogyakarta

Kenapa Banyak Karang Gigi Setelah Pasang Kawat?

TANYA :

Dok, saya sudah 1 tahun terakhir ini memakai kawat gigiPemasangan Retainer... baca selengkapnya.... Yang menjadi keluhan saya adalah semenjak memakai kawat gigi, karang gigiAtasi Gusi Berdarah Sejak Dini... baca selengkapnya... saya muncul cukup banyak. Biasanya di sela-sela gigi dan bagian belakang gigi. Apalagi pada gigi depan bawah yang awalnya renggang dan sekarang sudah rapat karena kawat gigi, Di situlah banyak muncul karang gigi. Setiap sebulan sekali, saya rajin kontrol ke dokter gigi dan biasanya karang gigi juga dibersihkan.

Yang ingin saya tanyakan, kenapa karang gigi saya jadi banyak sekali? Padahal dulu sebelum memakai kawat gigi, saya hampir tidak pernah bermasalah dengan karang gigi karena rajin gosok gigi dan saya sudah menyikat gigi dengan cara yang wajar. Yang saya takutkan, apabila nanti kawat gigi sudah dilepas, karang gigi akan sering muncul kembali. Apakah faktor makanan dan minuman mempengaruhi munculnya karang gigi?

(Ina, 23, Jakarta)

JAWAB:

Hai Ina,

Karang gigi atau istilah medisnya calculus merupakan akumulasi plak (lapisan semitransparan suatu polisakarida yang menempel pada gigi), bakteri dan pelikel (lapisan tipis dari protein saliva yang menempel pada permukaan gigi setelah pembersihan gigi secara optimal). Konsistensi karang gigi ini menjadi keras karena plak dan pelikel mengalami mineralisasi, sehingga sangat sulit dibersihkan melalui pembersihan mekanis dengan sikat gigi. Tentu saja makanan dan minuman yang masih menempel di permukaan gigi menjadi salah satu penyebab terjadinya karang gigi.

Mengapa di gigi bawah depan yang paling banyak muncul karang gigi? Sebenarnya hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Pada rahang bawah bagian bawah khususnya bagian dekat lidah, terdapat kelenjar ludah utama (submandibula dan sublingual). Kedua kelenjar ludah ini menghasilkan 70% air ludah. Air ludah yang dihasilkan merupakan air ludah yang tidak terstimulasi (tanpa rangsangan apapun, air ludah tetap keluar).

Jadi, gigi-gigi depan yang dekat dengan lidah pada rahang bawah senantiasa “basah” karena tergenang air ludah tersebut. Selain itu, daerah tersebut biasanya pembersihannya kurang sehingga sering terjadi akumulasi plak yang lambat laun akan termineralisasi oleh kandungan mineral di dalam air ludah yang tadi selalu dihasilkan oleh 2 kelenjar ludah tersebut, sehingga terbentuklah karang gigi.

Pemakaian kawat gigi semakin mempersulit pembersihan mekanis bagi sisa makanan yang masih menempel di gigi. Oleh karena itu anda harus lebih teliti dalam membersihkan gigi-gigi anda. Gunakan sikat gigi khusus pasien pengguna kawat gigi, yaitu proxabrush atauinterdental toothbrush yang akan memudahkan penyikatan diantara gigi dan kawat gigi. Anda juga dapat menggunakan benang gigi sebagai tambahan untuk membersihkan gigi-geligi anda. Penggunaan obat kumur sebagai antibakteri dalam rongga mulut juga bisa ditambahkan untuk kasus anda, tetapi penggunaannya tidak boleh terus-menerus dalam waktu yang lama.

Saran saya, saat ini anda harus memperbaiki teknik menyikat gigi, menambah frekuensi menyikat gigi, menambah alat bantu untuk membersihkan gigi, serta menggunakan obat kumur seperti yang saya sebutkan di atas. Tidak lupa, tetap dilanjutkan pemeriksaan berkala ke Dokter Gigi seperti yang telah anda lakukan selama ini.

Anda dapat meminta bantuan Dokter Gigi langganan anda untuk mengetahui keefektifan cara menyikat gigi anda melalui bantuan disclosing solution. Caranya adalah setelah anda melakukan penyikatan gigi, minta Dokter Gigi anda mengoleskan disclosing solution ke seluruh permukaan gigi anda. Cairan ini akan berwarna merah jika masih ada sisa makanan yang menempel di permukaan gigi anda. Sehingga anda akan segera mengetahui apakah selama ini teknik menyikat gigi anda telah optimal atau belum.

Demikian Ina, selamat mencoba ya. Salam gigi sehat.

Konsultasikan kesehatan gigiTips Rutin Menjaga serta Merawat Kesehatan Gigi & Mulut... baca selengkapnya... dan mulut seperti Layanan Perawatan OrtodontikHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya..., Pembuatan Gigi TiruanJenis Gigi Palsu atau Gigi Tiruan... baca selengkapnya..., Perawatan Saluran AkarBarapa Lama Perawatan Saluran Akar ?... baca selengkapnya..., Cabut GigiGigi Berlubang, Cabut Atau Rawat ?... baca selengkapnya..., Tambal GigiTambalan gigi lepas gimana ?... baca selengkapnya..., Pembersihan Karang GigiPeriodontitis, Penyebab dan Akibatnya? ... baca selengkapnya..., Tooth Whitening5 Makanan Enak Yang Bikin Gigi Jadi Kuning... baca selengkapnya.../Bleaching, Pasang BehelHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya... Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik GigiMasih Takut ke Dokter Gigi? Coba 10 Tips Berikut!... baca selengkapnya... Joy DentalPemasangan Retainer... baca selengkapnya... Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-55540 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Bungong Jeumpa)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Bantul
RingRoad Barat, Selatan UMY
(setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasiPemasangan Retainer... baca selengkapnya... pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti bersihin karang gigi tidak bisa pakai behelFilosofi Behel atau Orthodonsi... baca selengkapnya..., apakah pemasanganbkawat gigi harus dibetsihin dulu karang giginy?, cararmbersihkan karang gigi yang memakai behelIngin Merapikan Gigi Dengan Behel ?... baca selengkapnya..., karang gigi penyebab gigi tidak rapi, bolehkah memakai behel setelah membersihkan karang gigiJangan Malas! Jarang Bersihkan Karang Gigi Bisa Bikin Gigi Copot Tiba-tiba... baca selengkapnya..., antsipasi karang gigi berbehel, behel scallingAtasi Gusi Berdarah Sejak Dini... baca selengkapnya... yg gimana, behel ada karang gigi, apkah gigi yg berkarang bsa d psang behel, kenapa setelah pasang kawat gigi ada karang gigi dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behelBiaya Pasang Kawat Gigi Lengkap... baca selengkapnya... gigi atau kawat gigi

22 thoughts on “Kenapa Banyak Karang Gigi Setelah Pasang Kawat?

  1. Andini

    Dok saya mau tanya, kalau biaya copot behel berapa ya?
    Trus, misalkan saya mau lepas behel, setelah itu saya mau cabut gigi geraham, apakah ruas gigi yg gerahamnya dicabut akan kembali berantakan? Terima kasih

    • admin

      Selamat Pagi Andini, untuk kasus Andini sebaiknya diperiksa dulu ke klinik. Mba Andini dimana? Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima kasih

  2. ronny

    Dok mau tanya, pasang kawat gigi merek american orto dan damon, dengan dokter dan pasien yang sama, apakah ada perbedaan hasil dari pasang kawat gigi behel american ortho dan damon?apakah ada perbedaan cara kerja kawat AO dan damon?terima kasih

    • admin

      Selamat Pagi, sudah dijelaskan via email ya. Terima kasih

  3. rini

    Dokter. Saya mau tanya. Gigi saya renggang, jadi saya berniat pasang behel.
    Namun gigi kelinci saya, 1nya ditambal laser menyerupai gigi, karena patah. lalu disamping sebelah kiri ada gigi yg saya perhatikan semakin lama semakin renggang. Apa tidak pengaruh dengan gigi yg sudah ditambal itu?
    Mohon penjelasannya. Trims

    • admin

      Pagi Rini, nanti diperiksa dulu saja ke klinik. Mba Rini dimana? Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima kasih

  4. raditya

    dok saya sudah pake behel cekat selama 4 tahun, 1 bulan lalu dilepas dan saya ga pake retainer. hasilnya baru sebulan dilepas, gigi seri depan saya renggang lagi alias diastema.
    saya rasain di bagian belakang gigi saya ada semacam gusi yang menonjol . lalu apa ada kaitannya dengan frenektomi dok, mohon pencerahannya

    • admin

      Selamat Pagi Raditya, setelah selesai pemakaian behel, sebaiknya dilakukan pemasangan retainer untuk menjaga kestabilan gigi. Jika ada yang kurang jelas, silahkan konsultasi langsung ke klinik ya. Terima kasih

  5. suci

    dok mau tanya, saya ingin merapikan gigi dengan behel. tapi ada dua gigi yang berlubang parah, kanan bawah dan kiri atas. apa perlu dicabut terlebih dahulu? biasanya tindakan apa saja yang dilakukan sebelum pemasangan? kira2 biaya yang dibutuhkan untuk pemeriksaan + pemasangan behel berapa ya?
    terimakasih

    • admin

      Selamat Pagi Suci, perlu atau tidaknya pencabutan akan diketahui setelah dokter menganalisa rontgen dan cetakan gigi pasien. Nanti diperiksa dulu saja. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  6. winny

    Dok..mau tanya,,utk biaya pasang behel brapa ya?? Dan bisa diangsur brpa kali ya? Terima kasih

    • admin

      Selamat Pagi Winny, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  7. Frentika Kusumaningtyas

    Dok, saya pake kawat gigi sudah hampir 2 tahun. Hasilnya sih sudah lumayan rapi, kata dokternya saya harus cabut empat gigi (2 atas, 2 bawah). Tp saya masih ragu utk mencabut gigi tsb, itu bikin saya takut kontrol ke dokternya. Takut disuruh cabut gigi dan di tempat dokter tsb kurang nyaman utk berkonsultasi. Sebernya setelah pake bahel gigi atas emang tambah maju gitu dok, overbite tapi tidak terlalu parah menurut saya. Jadi saya belum yakin kalo harus cabut gigi. Sebaiknya bagaimana ya, dok?

    • admin

      Selamat Pagi Frentika, nanti bisa konsultasi langsung ke klinik kak. Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima kasih

  8. Adib Maberur

    Dokter saya ada 2 pertanyaan nih Dok.
    1. Dokter, apa bener kalo gigi atas dicabut berbahaya bagi syaraf mata dan akan menimbulkan kebutaan?

    2. Biaya perawatan dan pemasangan Kawat gigi berapa ya Dok?

    Terimakasih

    • admin

      Selamat Pagi Adib
      1. Pencabutan gigi tidak akan berbahaya selama dilakukan di dokter giig
      2. Untuk biayanya sudah dikirim via email ya.
      Terima kasih

  9. Alifah

    Dok saya mau tanya, saya udah pasang behel kurang lebih 3th, dulu 2 gigi depan kaya gigi kelinci sekarang sudah lumayan rata. Tapi saya masih belum puas, kalo mau ganti pake bracket damon harganya brp ya dok? Terimakasih

    • admin

      Selamat Pagi, maaf sebelumnya kak Alifah dimana ya? Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima kasih

  10. Efri

    Dok sy mau tanya sy baru pasang behel,karang gigi sy lgsg muncul apakah bisa pembersihan karang gigi baru 1bln psg behel
    Oh iya harga pasang behel brp ya???

    • admin

      Selamat Siang Efri, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  11. anis

    dok gigi saya tidak rapi dan ada 3 gigi yang butuh ditambal ulang kira-kira berapa biaya untuk pemasangan behel dan tambal gigi ya? Terimakasih

    • admin

      Selamat Pagi Anis, untuk biaya yang ditanyakan sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca juga artikel ini . . . .close