Beranda » Artikel » Yuk, Mengenal Jenis-jenis Behel Gigi Di Joy Dental

Yuk, Mengenal Jenis-jenis Behel Gigi Di Joy Dental

Februari 21, 2022

Penulis: drg. Yenny Maria, Sp. Ort

Jenis-jenis behel gigi di joy dental

Contoh Behel Konvensional | Sumber foto: Pexels.com

Dokter gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental.

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA - Sobat Joy Dental pasti sudah tahu kan kalau  behel gigi sedang nge- trend banget saat ini. Banyak sekali behel yang beredar di pasaran seperti behel Thailand atau behel Fashion yang digemari kaum remaja masa kini. Perlu Sobat Joy Dental ketahui bahwa pemakaian behel gigi bukan untuk bergaya, fashion atau untuk prestise, melainkan banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan pemakaian behel gigi ini.

Apa Saja Sih Manfaat Pemakaian Behel Gigi?

  1. Memperbaiki susunan gigi seperti memundurkan gigi tonggos, gigi berantakan dan merapikan gigi renggang.

  2. Meningkatkan fungsi pengunyahan dan bicara
    Behel gigi dapat menghilangkan/memperkecil ruang bekas pencabutan gigi sehingga kita bisa mengunyah makanan menjadi lebih halus. Jika makanan yang kita kunyah lebih halus, maka kerja sistem pencernaan juga akan menjadi lebih ringan.Selain itu, jarak gigit antara gigi atas dan gigi bawah yang jauh (overjet) atau gigitan terbuka (openbite) dapat terkoreksi sehingga membantu fungsi pengucapan dan bicara Sobat Joy Dental menjadi lebih jelas.
  3. Estetik wajah meningkat, membuat wajah menjadi lebih tirus/lebih proposional sehingga menjadi lebih cantik/ganteng.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, muncul berbagai jenis behel gigi yang dapat digunakan untuk merapikan gigi seperti behel konvensional, behel self ligating, behel lingual dan clear aligner.

Berikut Jenis-jenis Behel Gigi yang ada di Klinik Gigi Joy Dental

    1. Behel konvensional

      Behel konvensional merupakan behel gigi yang paling banyak digunakan saat ini. Jenis behel ini menggunakan karet (power O atau power  chain) untuk menggerakkan gigi. Behel konvensional dibedakan menjadi 2 bahan yaitu behel metal dan behel transparan. Sesuai dengan namanya, behel metal terbuat dari stainless steel yang ditempelkan pada pemukaan luar gigi menggunakan bahan bonding atau perekat khusus. Sedangkan behel  transparan memiliki butir-butir bracket yang transparan untuk mendukung penampilan Sobat Joy Dental. Behel transparan juga banyak jenisnya, antara lain : behel composite, behel keramik, dan behel sapphire.

      behel konvensional logam di Joy Dental

      Contoh behel konvensional logam di Joy Dental

      behel konvensional Transparan di Joy Dental

      Contoh behel konvensional Transparan di Joy Dental

    2. Behel Self Legating

      Ada juga behel yang tidak menggunakan karet pada masing-masing bracket, tetapi menggunakan klip kecil sehingga lebih lebih meminimalkan rasa sakit dibandingkan pada bracket konvensional. Behel ini disebut behel self ligating. Banyak sekali merk behel self ligating, tetapi yang paling terkenal adalah behel damon. Behel damon ini memiliki tekanan yang ringan saat menggerakkan gigi sehingga rasa sakit saat pemakaian behel dapat minimal dan waktu perawatan lebih singkat sekitar 6 bulan dibandingkan bahel konvensional. Jarak kontrol behel damon juga lebih lama (8-10 minggu)  dibandingkan behel konvensional ( 3- 4 minggu).

    3. Behel Lingual

      Lingual braces dipasang pada bagian permukaan dalam gigi sehingga tidak terlihat dari luar dan lebih estetik. Pada awal pemakaian lingual braces, dapat menyebabkan sariawan pada lidah karena proses adaptasi. Selain itu, karena letaknya di bagian dalam permukaan gigi, proses membersihkan gigi menjadi lebih sulit.

      behel lingual di joy dental

      Contoh behel lingual di joy dental

    4. Clear Aligner
      Kalau Sobat Joy Dental ingin merapikan gigi tetapi tidak ingin terlalu sering ke dokter gigi karena padatnya aktivitas, bisa memakai jenis behel clear aligner. Clear aligner ini terbuat dari bahan plastik transparan yang menyelimuti seluruh permukaan gigi. Saat ini clear aligner sangat populer karena estetikanya dan Sobat Joy Dental juga bisa memakai sendiri di rumah.

      Behel Aligner

      Contoh Behel Aligner

Semua perawatan behel gigi di atas bertujuan untuk membuat gigi rapi dan Sobat Joy dapat membersihkan gigi secara maksimal. Bila sobat Joy Dental ingin konsultasi dan mendapatkan informasi harga behel gigi dapat langsung menghubungi Klinik Gigi Joy Dental ya.. Kami tunggu kedatangannya di Joy Dental.

Dokter gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental.

 

Referensi :

American Dental Association (2007). For the Dental Patient, Braces : Straighter teeth can improve oral health

Rosini, et al. (2014), Periodontal health during clear aligner treatments : a systematic review. European Journal of Orthodontic, 37 (5), 539-542.

Saini, et al. (2016). The current evidence and implications of lingual Orthodontics, 50 (5), pp. 4-8.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram