Beranda » Layanan » Tahapan Perawatan Saluran Akar

Tahapan Perawatan Saluran Akar

Juni 26, 2012
Ditulis oleh Joy Dental

Salah satu jenis perawatan terhadap gigi berlubang adalah Perawatan saluran akar, dan hal ini dilakukan bila kerusakan telah mencapai pulpa (struktur terdalam gigi yang penuh dengan sel saraf yang sensitif terhadap rangsang). Perawatan saluran akar adalah perawatan yang bertujuan untuk meringankan rasa sakit dan mengontrol infeksi dari pulpa dan jaringan periapikal (ujung akar) sekitarnya serta mengembalikan keadaan gigi seperti semula. Secara garis besar, perawatan saluran akar merupakan tindakan yang dilakukan saat infeksi penyebab pembusukan sudah terlanjur mematikan gigi. Tindakan Perawatan Saluran Akar dapat dilakukan pada gigi susu maupun gigi permanen.  Tujuan perawatan saluran akar yaitu membersihkan dan mendisinfeksi area saluran akar sehingga mematikan bakteri penyebab infeksi, menghilangkan jaringan nekrotik (mati), dan membantu proses penyembuhan periapikal (ujung akar).

Hasil Perawatan Saluran Akar Joy Dental(Perawatan Saluran Akar di Klinik Joy Dental)

(Gambar Perawatan saluran Akar)

Tahapan Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar dilakukan secara bertahap serta membutuhkan ketelatenan sehingga membutuhkan lebih dari 1 kunjungan, bervariasi tergantung kasusnya. Berikut adalah tahapan dalam melakukan perawatan saluran akar:

  • Tahap 1
    Mahkota gigi di-bur untuk mendapatkan jalan masuk ke kamar pulpa. Semua tambalan dan jaringan rusak pada gigi (karies) dibuang.
  • Tahap 2
    Pulpa dikeluarkan dari kamar pulpa dan saluran akar. Suatu instrumen kecil yang disebut “file” digunakan untuk membersihkan saluran akar. Gigi ditutup dengan tambalan sementara untuk melindungi kamar pulpa dan saluran akar agar tetap bersih. Tambalan sementara akan dibongkar pada kunjungan selanjutnya.
  • Tahap 3
    Saluran akar diisi dan dibuat kedap dengan suatu bahan yang mencegah bakteri masuk. Kamar pulpa sampai dengan permukaan mahkota gigi ditutup dengan tambalan sementara.
  • Tahap 4
    Tambalan sementara dibongkar dan diganti dengan tambalan tetap atau dibuatkan “crown” (sarung gigi).
  • Tahap 5
    Saluran akar, tambalan tetap, atau “crown” dievaluasi untuk melihat ada/tidaknya masalah. Setelah PSA selesai, gigi akan disuplai nutrisinya oleh tulang dan gusi di sekitarnya.

Perawatan Saluran Akar dari tahap 1 sampai dengan tahap 5 membutuhkan 3 – 4 kali kunjungan, tetapi untuk kasus-kasus tertentu tahapan Perawatan Saluran Akar bisa dilakukan dalam 1x kunjungan, dinamakan One Visit Endodontics / Single Visit Endodontics, dan perawatan ini dilakukan oleh Dokter Spesialis Konservasi Gigi (Sp. KG).

Ditinjau oleh : drg. Bonifasius Primario Wicaksono, M.Biotech

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram