Beranda » Artikel » Penyebab Atrisi Gigi dan Gejalanya

Penyebab Atrisi Gigi dan Gejalanya

Februari 5, 2022

Gigit kuku penyebab atrisi gigi

Sobat Joy Dental hobi menggigit kuku? Hati- hati, kebiasaan menggigit kuku lama kelamaan bisa jadi penyebab atrisi gigi Sobat Joy, lho. Atrisi gigi merupakan terkikisnya permukaan jaringan keras gigi secara mekanis akibat gesekan dengan gigi antagonis atau benda keras lainnya. Atrisi gigi ini dapat membuat gigi Sobat Joy Dental menjadi sensitif  atau sering merasakan ngilu.

Ciri utama yang sangat terlihat pertama kali ketika gigi mengalami atrisi yaitu permukaan mahkota gigi yang saling berhadapan terlihat datar. Datarnya permukaan tersebut bisa terjadi pada semua gigi yang berkontak. Pada gigi belakang seperti geraham akan terlihat kehilangan tonjol mahkotanya.

Penyebab Atrisi Gigi

Penyebab atrisi gigi bisa karena sering menggigit benda-benda keras, bruxism (kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur), dan susunan gigi yang tidak teratur sehingga gigi akan lebih mudah bergesekan hingga mencapai posisi yang sesuai ketika mengunyah. Apabila atrisi gigi ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang, lapisan email atau lapisan terkuat gigi akan habis tergerus dan membuka lapisan dentin Sobat Joy. Terbukanya lapisan dentin ini akan menyebabkan terjadinya karies, perubahan warna gigi, nyeri gigi dan gusi, serta gigi akan menjadi over sensitif.

Baca Juga : AWAS, Kebiasaan Buruk Ini Menjadi Penyebab Abrasi Gigi

Lalu jika gigi sudah terlanjur mengalami atrisi, bagaimana cara memperbaikinya? Gigi yang sudah mengalami atrisi biasanya bisa diperbaiki dengan perawatan tambal gigi. Tapi perlu diingat, sebelum memutuskan perawatan apa yang akan dilakukan, Sobat Joy harus memeriksakan dulu bagaimana kondisi giginya ke dokter gigi agar perawatan yang akan dilakukan lebih tepat dan hasilnya maksimal.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Ditinjau oleh drg. Rahma Syarafina M.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram