Pembersihan Karang Gigi Itu Sakit? Apakah Benar?

Bagikan artikel ini

Menjaga kesehatan gigi itu sangat penting, mulai dari usia anak-anak, remaja, dewasa dan usia lanjut. Tentu saja perawatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi itu sangat beragam dan tergantung dari kondisi gigi masing-masing orang. Berbagai pertanyaan sering muncul dikalangan masyarakat seputar perawatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi, terutama perawatan pembersihan karang gigi atau yang sering disebut perawatan scalling gigi.

Pembersihan karang gigi merupakan prosedur gigi umum yang dilakukan untuk menjaga agar gigi tetap bersih dan sehat. Perawatan ini dilakukan secara rutin untuk membantu pasien dengan penyakit gusi dan penumpukan plak gigi yang berlebihan. Pembersihan karang gigi ini direkomendasikan untuk dilakukan semua orang dengan gigi permanen setiap 6 (enam) bulan sekali bersama dengan rajin menyikat gigi 2 (dua) hari sekali, flossing gigi, dan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mengurangi risiko penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Mengapa pembersihan karang gigi itu diperlukan? Setiap orang mengalami beberapa penumpukan plak. Air liur, bakteri, dan protein di mulut kita membentuk lapisan tipis yang menutupi gigi kita hampir setiap saat. Saat kita makan, partikel-partikel kecil, asam, dan gula dari makanan menempel pada lapisan ini sehingga menciptakan penumpukan pada gigi yang dikenal sebagai plak. Plak ini terbentuk di permukaan dan di antara gigi kita serta juga dapat memengaruhi garis gusi. Jika tidak dibersihkan maka lama kelamaan akan mengeras dan membentuk kalkulus atau karang gigi yang berwarna kuning atau coklat dan menyebabkan gigi terasa kasar atau seperti berkerak. Plak dapat merusak gigi dari waktu ke waktu kemudian menyebabkan gigi berlubang dan busuk serta bau mulut. Jika plak tersebut mengarah ke pembentukan karang gigi, terutama di sekitar gusi maka gingivitis dapat terjadi. Oleh karena itu pembersihan karang gigi itu sangat diperlukan.

Jadi, kembali ke pertanyaan utama kita apakah pembersihan karang gigi itu menyakitkan? Jawabannya adalah TERGANTUNG. Pembersihan karang gigi itu bisa menjadi nyaman atau tidak nyaman.

Pembersihan tersebut menjadi tidak nyaman apabila:
1. Memiliki gusi yang sensitif
2. Gusi terasa sakit karena penumpukan karang gigi yang berlebihan
3. Gigi yang aus atau terkikis
4. Atau karena dokter gigi yang melakukan penanganan kurang lembut

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bahwa sebenarnya pembersihan karang gigi itu sangat penting untuk menjaga agar gigi tetap sehat dan bersih. Selain itu, pembersihan karang gigi tidaklah menyakitkan seperti yang kamu bayangkan. Selalu konsultasikan dengan dokter gigi terdekat yang ada di kota kamu apabila kamu memiliki permasalahan gigi yang sangat mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Jangan tunggu hingga terasa sakit atau semakin parah baru kamu periksakan ke dokter gigi yaa.. Mencegah lebih dini itu lebih baik. Kamu bisa check up gigi rutin ke dokter gigi untuk merawat gigi kamu agar tetap sehat dan terhindar dari semua penyakit gigi.

Ditinjau oleh: Drg. Hardono Jaya Lauson


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *