Beranda » Artikel » Pasang Implan Gigi Setelah Cabut Gigi, Apakah Mungkin?

Pasang Implan Gigi Setelah Cabut Gigi, Apakah Mungkin?

Maret 9, 2022

Penulis : drg. Bonifasius Primario Wicaksono, M. Biotech

Pemasangan atau pasang Implan gigi

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA - Halo Sobat Joy! Kembali lagi ke topik mengenai implan gigi yaa. Kali ini, kita akan membahas apakah aman jika setelah dilakukan pencabutan gigi. Langsung dilakukan pemasangan implan gigi? Untuk sobat Joy yang ingin mengetahui apa itu implan gigi. Yuk simak juga artikel “Implan Gigi di Klinik Gigi Joy Dental”

Sobat Joy pernah bertanya-tanya tidak, setelah sobat Joy melakukan perawatan cabut gigi. Apakah dapat langsung diganti dengan implan gigi? Harapannya sih, supaya proses pemasangan implan bisa lebih cepat selesai. Tidak perlu menunggu terlalu lama. Yuk, kita bahas dulu Sobat Joy!

Syarat Pemasangan Implan Gigi

Salah satu syarat pemasangan implan gigi adalah area tulang yang akan dipasang implan harus dalam kondisi kuat. Tidak ada kelainan ataupun penurunan tulang yang berlebihan, serta memiliki kepadatan tulang yang cukup. Sedangkan, jika Sobat Joy melakukan perawatan cabut gigi, tulang bekas pencabutan tidak bisa langsung menutup sempurna ya, jadi akan menyisakan ruangan kosong yang awalnya ditempati oleh gigi sebelum dicabut. Sehingga, memang disarankan pemasangan implan dilakukan beberapa bulan setelah pencabutan gigi, yaitu ketika tulang bekas pencabutan gigi sudah menutup sempurna, agar implan dapat menempel dengan kuat pada tulang dan tidak mudah lepas.

Idealnya, jarak pemasangan implan gigi dari sejak dilakukannya pencabutan gigi bisa berbeda-beda tergantung dari metode yang digunakan oleh dokter gigi Sobat Joy. Dulu, dokter gigi selalu menunggu hingga 4 - 6 bulan setelah cabut gigi baru dilakukan pemasangan implan untuk menunggu terjadinya penyembuhan tulang total. Namun saat ini, beberapa dokter gigi juga dapat mempraktekkan pemasangan implan gigi segera setelah pencabutan dilakukan.

Keuntungan Segera Pasang Implan Gigi Setelah Gigi dicabut

Pemasangan implan gigi segera setelah pencabutan gigi ini akan mempersingkat jumlah kunjungan ke dokter gigi, namun memiliki kelemahan sendiri yaitu kemungkinan terjadinya kegagalan implan lebih tinggi. Diperlukan tindakan - tindakan tertentu untuk mencegah terjadinya gagal implan ini. Ada juga dokter gigi yang memasang implan gigi beberapa minggu setelah dilakukan pencabutan gigi saat sudah terjadi penyembuhan parsial tulang rahang (penyembuhan yang belum total). Setiap cara pemasangan implan ini memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri – sendiri.

Meskipun demikian, sebaiknya Sobat Joy memberitahukan dokter gigi Sobat Joy bila memang Sobat Joy memiliki rencana pemasangan implan sebelum Sobat Joy melakukan pencabutan gigi agar dokter gigi Sobat Joy dapat merencanakan lebih lanjut tindakan-tindakan yang diperlukan. Seperti yang disebutkan di atas, pemasangan implan tidak harus langung dilakukan segera setelah pencabutan gigi, namun sebaiknya pemasangan implan juga tidak ditunda terlalu lama. Menunda pemasangan implan terlalu lama akan menyebabkan gigi-gigi di sekitar gigi yang dicabut bergeser dan menempati ruang kosong di tempat gigi yang dicabut tersebut.

Jadi, yuk Sobat Joy yang berencana memasang implan gigi di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dan Klinik Gigi Joy Dental Purwokerto, segera reservasi ya. Ditunggu kedatangan nya Sobat Joy!

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi :

Atalay, B., 2018, Immediate Implantation at Fresh Extraction Sockets (in An Update of Dental Implantology and Biomaterial), Intechopen. DOI: 10.5772/intechopen.78969.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram