Beranda » Artikel » Pasang Gigi Palsu Immediate Setelah Cabut Gigi

Pasang Gigi Palsu Immediate Setelah Cabut Gigi

Maret 19, 2022

Penulis : drg. Fauzia Jauhara

Pemasangan gigi palsu immedaite

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA – Gigi berlubang besar seringkali menimbulkan banyak masalah, seperti sakit gigi hingga kepala, gusi bengkak, maupun bau mulut. Apabila sudah tidak bisa dipertahankan, gigi berlubang besar harus dicabut ya Sobat Joy Dental. Lalu, kita perlu menunggu penyembuhan gusi dan tulang penyangga bekas pencabutan dahulu sebelum akhirnya proses pembuatan gigi palsu dilakukan. Selama menunggu masa tersebut, tentu Sobat Joy Dental akan gelisah dan merasa tidak percaya diri dengan gigi ompong. SaSalah satu solusi setelah pencabutan gigi akibat gigi berlubang yaitu pemasangan gigi palsu immediate

Gigi Palsu Immidiate (Lepasan)

Gigi palsu immediate adalah gigi palsu lepasan yang dibuat sebelum pencabutan gigi asli dan dipasang segera setelah dilakukan pencabutan. Ibaratnya, gigi palsu yang dipasang same day dengan tindakan cabut gigi ya Sobat Joy Dental. Terdapat dua tipe gigi palsu immediate, yaitu gigi palsu immediate tipe konvensional dan gigi palsu immediate tipe interim/transisional.

  • Tipe konvensional merupakan gigi palsu Lepasan (immediate) jangka panjang, biasanya hanya melibatkan satu gigi palsu yang akan menjalani proses relining untuk kemudian dipakai kembali. Relining gigi palsu adalah teknik menambah lapisan bagian dalam basis dengan tujuan gigi palsu menjadi pas menempel dengan gusi.
  • Tipe interim/transisional adalah gigi palsu Lepasan (immediate) yang hanya dipakai sementara sampai proses penyembuhan gusi dan tulang selesai. Setelah penyembuhan selesai, selanjutnya akan dibuatkan gigi palsu baru sebagai gigi palsu yang digunakan dalam jangka panjang.

Apakah wajib pasang gigi palsu immediate setelah cabut gigi?

Pembuatan dan pemasangan gigi palsu immediate setelah cabut gigi ini sifatnya tidak wajib ya Sobat Joy Dental, mengingat adanya tahapan kerja yang memakan waktu dan biaya lebih. Apabila Sobat Joy Dental tidak merasa membutuhkan gigi palsu yang langsung dipasang usai cabut gigi, maka gigi palsu immediate tidak perlu dibuatkan. Barulah setelah proses penyembuhan gusi dan tulang selesai, Sobat Joy Dental membuat gigi palsu sesuai kebutuhan Sobat Joy Dental.

Namun, gigi palsu immediate ini pastinya bermanfaat sekali. Sobat Joy Dental bisa beraktivitas dan bersosialisasi seperti biasa tanpa khawatir gigi terlihat ompong setelah cabut gigi. Tidak hanya memiliki fungsi estetik, gigi palsu immediate juga bisa digunakan untuk mengunyah makanan kok Sobat Joy Dental. Namun, kelemahan dari gigi palsu immediate ini tentunya bentuk gigi palsu tidak terlalu presisi karena bersifat darurat dan sementara. Dan Sobat Joy Dental juga harus berhati-hati karena apabila kebersihan rongga mulut tidak dijaga, gusi bekas cabut yang tertutup gigi palsu immediate berisiko bengkak.

Sobat Joy Dental masih punya pertanyaan terkait gigi palsu immediate maupun jenis gigi palsu lainnya? Ayo, konsultasikan segera dengan dokter gigi di klinik gigi Joy Dental. Dokter gigi Joy Dental siap memberikan perawatan yang menyeluruh demi kepuasan dan kesehatan Sobat Joy Dental.

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi :

Anita, 2021, Gigi Tiruan Sebagian Immediate Yang Memengaruhi Estetik dan Oklusi (Laporan Kasus), JITEKGI, Vol. 17 (2) : 49 - 54.

Phoenix, R.D., et.al., 2008, Stewart’s Clinical Removable Partial Prosthodontics, 4th ed., Quintessence Publishing, Canada.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram