Kiat Mengatasi Gigi Keropos

Bagikan artikel ini

KELAPA GADING – Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh sisa makanan yang melekat pada permukaan gigi. Sisa makanan itu akan membentuk plak dan bereaksi dengan bakteri pada mulut. Akhirnya,  menghasilkan senyawa asam yang mampu melarutkan lapisan enamel dan dentin pada gigi.

Jika lapisan enamel dan dentin pada gigi semakin tipis, maka gigi akan mengalami demineralisasi, dan membentuk lubang pada gigi (caries). Apabila demineralisasi gigi semakin parah, gigi akan mengalami erosi dan menjadi keropos. Berikut ini beberapa tips yang dapat mencegah gigi keropos :

  1. Menjaga kebersihan gigi. Gosoklah gigi sekurangnya dua kali dalam satu hari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Bila perlu, gunakan benang gigi/flossing untuk membersihkan sisa makanan dari sela-sela gigi. Setiap satu kali dalam sepekan, berkumurlah dengan obat kumur untuk membantu mencegah terbentuknya plak dan karang gigi.
  2. Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi berlubang, seperti makanan-makanan yang manis, semisal susu, buah-buahan, kue, permen, dan minuman yang bersifat asam, semisal jus buah asam atau minuman bersoda.
  3. Perbanyaklah mengonsumsi air putih untuk memperlancar produksi air liur, sekaligus menetralkan kondisi mulut agar tidak bersifat asam.
  4. Setiap satu kali dalam enam bulan, periksakanlah gigi Anda ke dokter. Dokter gigi akan membersihkan plak dan karang gigi untuk mencegah terjadinya lubang gigi. Juga, dapat mendeteksi apabila terdapat lubang gigi, serta dapat segera melakukan tindakan untuk menanganinya. Penanganan gigi berlubang sedini mungkin sangat penting untuk mencegah berbagai dampak dari gigi berlubang, termasuk gigi keropos.

Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close