Gigi Berlubang dan Infeksi, Ini Tandanya

Bagikan artikel ini

TANYA:

Selamat sore dok, saya mengalami gigi berlubang yang lubangnya sudah agak besar sampai pinggir gigi berlubang tersebut patah sebelah. Saya berusaha mempertahankan gigi tersebut karena saya takut sekali akan resiko yang akan saya dapat nanti jika saya mencabut gigi geraham saya yang berlubang tadi.

Tapi dok, untuk saat ini sakitnya sudah hilang semenjak saya sikat gigi teratur dengan pasta gigi tertentu dan mouthwash tertentu. Meskipun sudah hilang rasa sakitnya tapi kenapa ya semakin lama semakin tambah sakit kalau dipakai untuk mengunyah jika ada makanan yang terselip. Sakitnya luar biasa dok, saya pernah sampai pingsan. Mohon bantuannya apakah saya harus tetap mencabut gigi yang berlubang ini atau tetap dipertahankan ya?

Shintya (21), Bekasi

JAWAB:

Shintya yang baik,
Pada kasus Anda, yaitu gigi berlubang besar serta ada riwayat sakit spontan yang hilang dan timbul, menandakan bahwa anda sedang mengalami infeksi gigi yang telah mencapai ke ruang saraf dan pembuluh darah gigi. Sedangkan rasa sakit yang timbul ketika Anda mengunyah makanan, menandakan infeksi tersebut telah mencapai ujung akar gigi.

Salah satu pilihan perawatannya adalah dengan melakukan perawatan saluran akar gigi. Tujuan perawatan saluran akar gigi ini adalah mempertahankan gigi yang tersisa dengan menciptakan kondisi yang bebas dari infeksi apapun di seluruh bagian gigi dan jaringan sekitar gigi, serta mengembalikan fungsi kunyah dan estetik melalui pembuatan mahkota gigi sesuai dengan bagian gigi yang tersisa.

Jumlah kunjungan perawatan saluran akar gigi bervariasi, tergantung beratnya kasus. Biasanya diperlukan kunjungan lebih dari 1 kali.

Langkah-langkah perawatan saluran akar gigi diawali dengan membuka akses dari mahkota gigi yang sudah berlubang tadi, menuju ke ruang gigi yang berisi saraf dan pembuluh darah. Setelah itu saraf dan pembuluh darah yang sudah terinfeksi tersebut diambil, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan saluran akar gigi.

Kemudian dilakukan pemberian obat di dalam saluran akar hingga mencapai bagian ujung akar gigi untuk menyembuhkan peradangan di ujung akar gigi tersebut. Ketika seluruh keluhan sudah tidak ada, baru bisa dilakukan pengisian saluran akar menggunakan bahan pengisi saluran akar (gutaperca). Setelah itu dilakukan pembuatan mahkota gigi dan pemasangan pasak gigi jika diperlukan.

Dalam melakukan perawatan saluran dibutuhkan ketelitian yang tinggi dari Dokter Gigi, serta diperlukan kesabaran pasien. Anda dapat melakukan perawatan saluran akar gigi di Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Drg., SpKG) yang memang mendalami ilmu perawatan ini.

Sebagai referensi tambahan, Anda dapat pula membaca jawaban konsultasi kesehatan gigi dan mulut pada tanggal 15 April 2013, dengan judul “Ditambal sementara, gigi kok tambah sakit?”.
Demikian Shintya, semoga lekas membaik dan salam gigi sehat.


Bagikan artikel ini

8 thoughts on “Gigi Berlubang dan Infeksi, Ini Tandanya

  1. syaffran

    pagi dok, saya punya kasus yang hampir sama dengan mbak shintya di atas, jadi saya mau tanya, biaya untuk perawatan giginya berapa ya dok, kirim ke email saya saja dok, terima kasih

    • admin

      Selamat Pagi, untuk biaya perawatannya sudah dikirim via email ya. Terima Kasih

  2. ahmad

    Met pagi dok, saya punya kasus yg mirip jg dg yg diatas, biaya untuk perawatan giginya berapa ya dok? Kirim ke email saya ya dok. Terimakasih.

    • admin

      Selamat Pagi Ahmad, untuk biaya perawatan saluran akar sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke klinik? Terima kasih

  3. Mina

    Dok, saya jg punya kasus yg mirip seperti itu, walaupun tidak sampai nyeri ketika makanan terselip, tapi gusi sy seperti bengkak dan memenuhi ruang yg berlubang tsb. Kira2 perawatannya apa ya? Dan pricelistnya brp. Terima kasih

    • admin

      Selamat Pagi Mina, untuk kasus Mina sebaiknya diperiksa dulu ke klinik ya. Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima kasih

  4. Pagi dok ..
    Sy mau tanya, aku punya gigi berlubang di bagian belakang terus di samping.y itu ada gigi kecil yg tumbuh dan tdk membesar.
    Nah sekarang itu gigiq sakit dan gusi.y membengkak .
    Apakah gigiq itu harus di cabut, tpi tunggu sembuh atau di tambal pada pas sakit gini?

    • admin

      Selamat Siang Siska, untuk penjelasan tentang gigi berlubang sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close