Fakta tentang Flouride & Kerusakan Dentin

Bagikan artikel ini

Email gigi tidak sensitif terhadap rangsang sakit, sehingga bila lubang baru mencapai email, kita bisa tetap tenang. Email adalah lapisan terluar gigi, yang menutupi seluruh mahkota gigi dan merupakan bagian tubuh yang paling keras dan dibentuk oleh sel-sel yang disebut ameloblast.

Bila lubang gigi telah mencapai dentin, kemungkinan gigi mulai terasa sakit. Tapi bila dentin terkena maka makan atau minum sesuatu yang manis, asam atau terkena rangsang panas, dingin atau bahkan angin, sudah terasa ngilu.

Gigi Berlubang Mencapai Pulpa

Meski tak jarang pula ada orang yang kebal sehingga mengira giginya masih baik. Kerusakan pada dentin akan berlanjut pada bagian saraf di tengah gigi. Nah bila sudah mengenai saraf ini..hmm…bakteri dari plak mencapai pulpa dan menyebarkan infeksinya sehingga terjadi rasa sakit yang berdenyut-denyut. Rasa sakit ini bisa menyebabkan tidak dapat tidur, lelah, mengganggu pekerjaan atau konsentrasi mental.

Rasa sakit ini timbul karena tubuh membentuk pertahanan terhadap infeksi dalam bentuk reaksi radang. Karena radang pulpa, terjadi peningkatan tekanan di dalam ruang pulpa. Radang itu secara umum ditandai dengan merah, bengkak, sakit, panas. Sedangkan gigi adalah jaringan yang keras. Jadi kalau pulpanya bengkak, membesar, maka akan tertahan oleh struktur gigi. Akibatnya pembuluh saraf dan pembuluh darah yang terletak di ujung akar gigi yang menghubungkan gigi dan tubuh (melewati lubang yang sangat kecil) akan terjepit. Terjepitnya pembuluh saraf itu yang menyebabkan sakit gigi yang sangat hebat.

Jika tekanan tersebut akhirnya dapat keluar pada ujung akar gigi, rasa sakit berkurang, meskipun gusi dapat membengkak sebagai akibat radang.

Tindakan sederhana yang dapat dilakukan oleh seorang dokter gigi adalah dengan membuat lubang kecil lain dengan bur pada gigi sampai menembus pulpa gigi sehingga tekanan berkurang. Pulpa yang sudah hampir mati, harus dikeluarkan pada kunjungan berikutnya dan setelah disteril, gigi ditambal untuk menutup lubang yang sudah terjadi sampai ke ujung akar gigi. Tindakan ini disebut Perawatan Saluran Akar (PSA) yang dapat mencegah masuknya bakteri. Gigi pun dapat dipertahankan bertahun-tahun lagi dan kadang-kadang seumur hidup.

Untuk konsultasi gratis, silahkan datang langsung ke Klinik Joy Dental Yogyakarta, sehingga dapat diambil tindakan medis sebagai solusi dari masalah kesehatan gigi dan mulut sesuai dengan keadaan masing-masing penderita yang berbeda satu sama lain.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Bungong Jeumpa)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Bantul
RingRoad Barat, Selatan UMY
(setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti gusi bengkak pada lubang gigi dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

4 thoughts on “Fakta tentang Flouride & Kerusakan Dentin

  1. Febri eka sapitri

    Maaf sblmnya.. disini gigi beserta gusi saya masih sangat terasa sakit dan membessar sekali bengkaknya. Bagaimana cara mengempeskan nya? Dan obat apa?

    • admin

      Selamat Pagi Febri, jika ada gusi yang bengkak sebaiknya langsung diperiksa ke klinik untuk mendapatkan perawatan. Terima kasih

  2. mega

    Jika gigi berlubang,trus lubang ya menonjol seperti ada tumbuh Gigi baru tp pas membesar bkn gigi yg tumbuh tp kulit lapisan gigi dan jika terkena makanan sering berdarah,apa lg jika sedang panas dalam dia akan sering berdarah,,,
    Apa saya harus cabut gigi yg bermasalah itu atau ada solusi lain
    Mohon jawabanya terimakasih

    • admin

      Selamat Pagi Mega, untuk memastikan perawatan apa yang diperlukan harus diperiksa terlebih dahulu. Silahkan langsung datang ke klinik ya. Terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *