Efek samping memakai kawat gigi

Bagikan artikel ini

Apakah anda pernah berpikir mengenai efek samping atau bahayanya memakai kawat gigi? Jika tidak, maka anda perlu membaca artikel ini dengan seksama.

Kawat gigi memang fungsinya untuk merapihkan susunan bentuk gigi yang tidak rapih, namun efek samping yang ditimbulkannya pun sangat berbahaya bagi kesehatan. Sejak mulai menjadi trend pada tahun 2000-an, kawat gigi kini sudah menjadi trend di kalangan anak-anak, dewasa hingga orang tua.

Perlu diperhatikan bahwa resiko kesehatan bisa ditimbulkan dari pemasangan kawat gigi yang dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya. Sekarang, anda dapat mencari banyak sekali jasa pemasangan kawat gigi murah yang diiklankan oleh para tukang gigi dimana-mana. Tetapi tidak ada jaminan kesehatan secara pasti.

Memang jika dibandingkan dengan pergi ke dokter gigi, biaya yang dibutuhkan tidaklah murah, tetapi memikirkan efek samping yang ditimbulkan, akan lebih baik berkunjung ke dokter gigi yang lebih ahli di bidangnya.

Pemasangan kawat gigi kepada tukang gigi yang tidak memiliki standar kesehatan akan berisiko jangka panjang dan akan membutuhkan biaya yang bahkan bisa lebih mahal daripada seharusnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) drg Zaura Rini Anggraeni, MDS menjelaskan pemasangan kawat gigi yang dilakukan oleh tukang gigi menimbulkan beragam efek samping. Terlebih pada gigi yang bermasalah baik untuk efek samping ringan hingga berat.

“Yang dipikirkan saat ini adalah keselamatan pasien, khususnya jika tindakan di bawah standar. Akibatnya bisa terlihat di rongga gigi atau penularan penyakit dan lainnya,” jelas drg Zaura dalam acara media breafing penertiban praktik tukang gigi’ di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Sabtu (17/3).

Maraknya pemasangan behel pada tukang gigi, sambung drg Zuhra, karena masyarakat menganggap ke dokter gigi biaya berobatnya tinggi sekali, jadi mungkin masyarakat pergi ke tukang gigi yang biayanya lebih ringan.

Berikut adalah beberapa efek samping berbahaya dari pasang kawat gigi yang dilakukan bukan oleh dokter gigi spesialis orthodontis.

  1. Penyakit Menular Seksual

    Kawat logam yang dipasang pada gigi Anda kemungkinan bisa sering berbenturan dan dapat menyebabkan luka kecil pada bibir dan bagian dalam pipi Anda. Nah, saat Anda terlibat dalam aktivitas seksual seperti seks oral atau bahkan berciuman, luka kecil di dalam mulut Anda akan menyediakan jalan masuk untuk penyakit, termasuk hepatitis dan HIV, memasuki aliran darah Anda. Anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi kepercayaan anda.

  2. 2. Karang Gigi

    Karena area di bawah dan di sekitar kurung logam dan kawat yang sulit untuk dibersihkan, sisa-sisa makanan bisa terjebak di daerah-daerah yang sulit dijangkau sikat gigi, yang mengarah ke penumpukan plek.

    Hal ini mengakibatkan orang dengan kawat gigi logam dapat berisiko tinggi mengalami kerusakan gigi dan penyakit gusi. Untuk menghindari masalah ini, Anda harus menggunakan sikat khusus untuk membersihkan gigi Anda. Biasanya sikat gigi khusus dan alat pembersih gigi disela-sela kawat logam tersebut juga diberikan dengan petunjuk dokter gigi.

  3. 3. Alergi

    Kawat gigi logam mengandung berbagai logam, termasuk nikel, tembaga dan kromium. Sekitar 30 persen pasien ortodontik dari semua pasien ortodontik lainnya memiliki alergi terhadap logam ini yang dapat menyebabkan rasa sakit dan telinga tersumbat.

    Selain itu, pasien yang tidak memiliki alergi sebelum mereka memakai kawat gigi berpotensi terkena alergi setelah mereka memakainya. Untungnya, alergi terhadap nikel, tembaga dan kadmium umumnya ringan dan mudah diobati dengan mengubah jenis logam yang digunakan dalam kawat gigi. Jadi konsultasi, pemeriksaan dan perawatan terhadap gigi dan kawat gigi perlu dilakukan dengan dokter ahli gigi yang terpercaya.

Anda dapat menghubungi klinik joy dental jika ingin berkonsultasi baik secara online melalui chat via web klinikjoydental.com, isi kotak konsultasi, via BBM, SMS atau telepon dan juga secara offline dengan datang ke alamat klinik gigi joy dental yogyakarta secara langsung.

Informasi kontak kami dapat anda lihat dibagian bawah.
Terimakasih.


Bagikan artikel ini

2 thoughts on “Efek samping memakai kawat gigi

  1. Yunita

    Kak kalo mau pasang behel untuk merapikan gigi tu berapa yaa?

    • admin

      Selamat Sore Yunita, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close