Beranda » Artikel » Cara Mengatasi Gigi Hitam

Cara Mengatasi Gigi Hitam

Maret 18, 2022

Penulis : drg Rifda Nur Hanifa

Gigi hitam sebelum dan sesudah perawatan

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA - Halo Sobat Joy! Pernah nggak sih lihat ada 1 gigi berwarna lebih hitam dibandingkan gigi lainnya? Atau mungkin ada beberapa Sobat Joy yang mengalami ini nih? Memangnya bisa ya ada satu gigi saja yang berwarna kehitaman? Hmm… ternyata bisa lho Sobat Joy! Belum lagi kalau posisi gigi hitam ada didepan, pasti akan mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri untuk senyum lebar. Kira-kira kenapa ya kok bisa begitu? Disini kita akan membahas faktor-faktor penyebab dan cara mengatasi gigi hitam.

Faktor Penyebab Gigi Menghitam

Ada 2 faktor penyebab pewarnaan gigi, yaitu  dibedakan menjadi pewarnaan eksterinsik dan pewarnaan intrinsik atau kombinasi keduanya. Pewarnaan gigi ekstrinsik terjadi pada permukaan luar gigi yang biasanya merata pada seluruh gigi. Sedangkan pewarnaan gigi intrinsik biasanya terjadi pada satu atau beberapa gigi saja yang disebabkan karena nekrosis (kematian) gigi, perdarahan pada pulpa karena trauma gigi, juga dapat disebabkan oleh obat dan bahan perawatan gigi yang meresap kedalam lapisan gigi.

Jadi, kalau hanya satu gigi yang menghitam, sudah pasti karena adanya pewarnaan intrinsik ya Sobat Joy.

Perawatan untuk Gigi Hitam

Bagaimana cara mengatasi gigi hitam? Salah satu caranya adalah perawatan bleaching atau pemutihan gigi. Terdapat dua teknik bleaching, yaitu bleaching eksternal dan bleaching internal (intrakoronal). Penentuan teknik bleaching yang digunakan tergantung penyebab dari pewarnaan itu sendiri.

Perawatan gigi hitam akibat dari pewarnaan ekstrinsik dapat dengan mudah dihilangkan dengan scaling dan polishing kemudian dilanjutkan dengan bleaching eksternal, sedangkan pewarnaan intrinsik dapat dilakukan perawatan saluran akar (PSA) dilanjutkan dengan bleaching internal (intrakoronal).

Gigi hitam didepan sebelum perawatan
Kondisi warna gigi sebelum perawatan

 

Gigi hitam didepan sesudah perawatan
Kondisi warna gigi sesudah perwatan

Perawatan bleaching internal adalah perawatan pemutihan gigi pada satu atau beberapa gigi setelah dilakukan perawatan saluran akar, dengan cara memasukkan bahan hidrogen peroksida 35% ke dalam gigi. Perawatan bleaching internal memberikan hasil yang memuaskan dengan waktu kunjungan yang singkat dan aman digunakan dengan mengikuti prosedur perawatan yang tepat.

Gimana nih Sobat Joy, pasti sudah paham kan? Jadi, satu gigi yang menghitam itu disebabkan karena adanya pewarnaan intrinsik dan dapat dirawat dengan bleaching intrakoronal. Buat Sobat Joy yang memiliki keluhan serupa atau ingin konsultasi lebih lanjut, yuk langsung saja datang ke Klinik Gigi Joy Dental.

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi :

Hidayat, O.T., dan Chaya, M., 2021, Penatalaksanaan Diskolorasi Gigi Pasca Perawatan Endodontik Dengan Teknik Walking Bleach, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, Vol. 32 (2) : 98 - 104.

Soerachman, B., 2015, Bleaching Internal Pasca Perawatan Endodontik, Makassaar Dent J, Vol. 4 (3) : 79 - 82.

Dianty, F., Sukartini, E., dan Armilia, M., 2011, Bleaching Internal Untuk Merawat Perubahan Warna Gigi Insisivus Sentralis Kanan Atas (Laporana Kasus), Dentofasial, Vol. 10 (2) : 101 - 104.

Djuanda, R., Perawatan Internal Bleaching Enggunakan Teknik Walking Bleach Pada Gigi Insisif Sentral Kanan Rahang Atas (Case Report), Sound of Dentistry, Vol. 4 (2).

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram