Bila Penambalan Gigi tak Sempurna

Bagikan artikel ini

TANYA :

Dok, sekitar 2,5 tahun yang lalu gigi saya berlubang namun saya tidak menambalnya. Suatu saat, ketika saya makan, ada makanan terselip dan saya menggunakan tusuk gigi. Alhasil, karena terlalu bersemangat, gusi saya tertusuk dan berdarah. Keesokan harinya, gigi saya jadi infeksi karena sakit ngilu sekali. Kemudian saya ke dokter sudah dirawat oleh dokter dan ditambal. Namun karena yang berlubang adalah di antara dua gigi yakni gigi geraham belakang kiri dan sebelahnya, jadi tembelan sering krowak sedikit sedikit. Sehingga makanan kadang masuk dan gusi terasa gatal sekali. Sudah ditambal berulang kali tetapi tetap saja terjadi seperti itu hingga sekarang. Apakah yang harus saya lakukan dok? Saya ingin mencabut gigi saya tersebut, bagaimanakah saran dokter? Apa yang sebenarnya saya alami..? Terimakasih banyak dok..

(Yesslyn, 23 tahun, 150 cm, 44 kg, Semarang)


JAWAB :

Yesslyn yang baik,

Penambalan yang tidak sempurna pada gigi geraham belakang kiri anda dan sebelahnya, seperti kontak tambalan yang tidak baik memang dapat menyebabkan berbagai hal.  Antara lain, makanan yang menyelip ke sela-sela gigi tersebut lama kelamaan dapat menyebabkan lubang baru dan menekan gusi.

Tentu saja, jika lubang baru tersebut didiamkan lama-kelamaan mungkin saja menyerang ruangan di dalam gigi yang berisi saraf dan pembuluh darah, dan hal ini ditandai dengan rasa sakit berdenyut spontan yang terus-menerus. Jika anda merasakan atau pernah mengalami gejala ini, perawatan yang perlu dilakukan adalah perawatan saluran akar gigi. Anda dapat mendatangi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi untuk permasalahan ini.

Sedangkan untuk masalah gusi yang terasa gatal, hal ini bisa disebabkan oleh sisa makanan di sela-sela gigi yang menekan gusi anda. Perawatan yang perlu dilakukan adalah perawatan gusi (anda dapat mendatangi Dokter Gigi Spesialis Periodonsia), kemudian melakukan perbaikan tambalan di kedua gigi yang berdampingan tersebut. Setelah itu, biasakan lakukan pembersihan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

Saat ini, anda dapat kembali kepada Dokter Gigi langganan anda, minta kepada beliau untuk dilakukan pemeriksaan ulang apakah perlu dilakukan perawatan saluran akar atau tidak. Kemudian minta dilakukan perawatan gusi, serta memperbaiki tambalan anda dengan material yang dibuatkan di laboratorium khusus, supaya tidak lepas kembali.

Demikian Yesslyn, semoga informasinya dapat membantu.

Salam gigi sehat.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti gigi berlubang terasa gatal, kenapa gigi terasa gatal, ulat gigi, bentuk ulat gigi, gigi bolong terasa gatal, gigi berlubang sakit dan gatal, ulat gigi berlubang, Menghilangkan gatal di gigi berlubang, penyebab gigi berlubang, poto dalam gigi berlubang dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

4 thoughts on “Bila Penambalan Gigi tak Sempurna

  1. agil

    Berapa biaya untuk psa dan tambal gigi ya?

    • admin

      Hallo Agil, terima kasih telah mengirimkan konsultasinya. Untuk price list sudah dikirim via email

  2. nay

    boleh minta pricelist lengkap?

    • admin

      Selamat Pagi Nay, untuk pricelist lengkapnya bisa diliat di klinik ya. Konsultasi dulu saja kak ke klinik. Free kok. Terima kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close