Logo Klinik Gigi Joy Dental
Beranda » Artikel » Bagaimana Sih Tahapan Gigi Berlubang itu?

Bagaimana Sih Tahapan Gigi Berlubang itu?

November 13, 2021

Tahapan gigi berlubang“Sudah rajin sikat gigi, tapi kenapa gigi saya bisa berlubang ya, dok?” Bagaimana Sih Tahapan Gigi Berlubang itu?

Sobat Joy, gigi berlubang adalah masalah gigi yang paling sering dialami banyak orang. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan permanen di permukaan gigi yang mengakibatkan pembusukan atau karies gigi yang disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan gigi berlubang salah satunya disebabkan oleh penumpukkan bakteri di mulut akibat sering mengkonsumsi makanan yang manis dan tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik.

Jika kondisi gigi Sobat Joy Dental yang berlubang tidak segera dirawat, dikhawatirkan akan mempengaruhi lapisan gigi lebih dalam lagi hingga mencapai saraf gigi. Ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan oleh Sobat Joy mengenai tahapan gigi sehat bisa menjadi gigi berlubang. Jika ada salah satu tanda di gigi Sobat Joy sama seperti tahapan berikut ini, sebaiknya segera di periksakan ke dokter gigi dan dirawat secara lebih baik agar tidak berlanjut ke tahapan yang lebih buruk.

Berikut beberapa tahapan gigi berlubang :

1. Tahapan Pertama
    Munculnya bercak putih atau plak. Tahap ini gigi ditandai dengan munculnya bercak putih kekuningan atau biasa disebut plak pada permukaan gigi. Munculnya plak gigi jika tidak segera dirawat dengan baik akan menyebabkan lubang kecil pada enamel gigi. Pada tahap ini dapat ditangani dengan pengaplikasian fluoride pada permukaan gigi secara topikal (dioleskan oleh dokter gigi pada permukaan gigi)
  2. Tahapan Kedua
    Pada tahapan kedua, enamel gigi mulai mengalami kerusakan. Kerusakan ini terjadi di bawah lapisan gigi dan enamel gigi juga sudah membusuk. Apabila kerusakan sudah tidak dapat ditangani lagi maka gigi Sobat Joy Dental harus segera di bersihkan dan ditambal oleh dokter gigi.
  3. Tahapan Ketiga
    Pembusukan di luar enamel atau pembusukan dentin. Kerusakan ini dapat menjalar ke bagian pulpa gigi dimana pada bagian ini terdapat banyak saraf gigi dan pembuluh darah. Pada tahap kerusakan inilah rasa nyeri pada gigi mulai terasa. Apabila kondisi gigi Sobat Joy sudah mencapai pada tahap ketiga ini, gigi masih dapat dirawat dengan penambalan gigi.
  4. Tahapan Keempat
    Tahapan gigi berlubang yang keempat yaitu infeksi pulpa atau pulpitis yang merupakan peradangan pada pulpa gigi. Gejala-gejala yang timbul diantaranya yaitu rasa nyeri yang berdenyut dan tidak nyaman, lalu sensitivitas terhadap makanan dan minuman yang panas maupun dingin. Pada tahap ini, penanganan yang paling diutamakan yaitu perawatan saluran akar.
  5. Tahapan Kelima
    Pembentukan abses yaitu infeksi akut purulen yang berkembang pada bagian apical gigi. Gejala ini dapat timbul mulai dari rasa nyeri pada gigi yang berat, gigi goyang, pembengkakan di pipi, demam hingga susah untuk membuka mulut serta ditandai dengan bau mulut. Karena infeksi ini sudah mencapai ujung akar gigi dan mengakibatkan tulang disekitar gigi terinfeksi maka biasanya penderita akan diberikan resep antiobotik dari dokter gigi untuk melawan infeksi tersebut. Namun, jika sudah parah, Sobat Joy Dental memerlukan perawatan saluran akar atau pencabutan gigi.

Oleh karena itu, Sobat Joy jangan malas ya untuk sikat gigi atau merawat gigi sejak dini dan jangan lupa untuk periksa gigi rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Ditinjau oleh drg. Bonifasius Primario Wicaksono, M. Biotech

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk Update informasi. Tips & trik menjaga kesehatan gigi

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram