Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

Bagikan artikel ini

COVID-19 atau yang sering disebut virus corona adalah wabah penyakit yang bermula dari Wuhan akhir tahun 2019 lalu dan sekarang sudah menyebar ke banyak Negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi karena penyakit ini telah menyebar ke lebih dari separuh negara di Dunia. Mengingat penyebaran penyakit yang sudah begitu luas, sobat joy perlu tahu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona Covid-19 merebak agar tidak tertular. Di tengah pandemi Covid-19, kebutuhan untuk menjaga kesehatan tubuh justru semakin penting. Beberapa cara dapat sobat joy lakukan agar tidak tertular COVID-19. Langkah ini bisa sobat joy terapkan mulai dari diri sendiri.

Berikut cara menjaga kesehatan tubuh saat  pandemi covid-19 :

  1. Olahraga Secara Teratur
    Pada prinsipnya ada dua jenis olahraga yakni neural excercise/olahraga persarafan untuk menjaga kesehatan dan physical excercise/olahraga fisik untuk menjaga kebugaran.
    Olahraga persarafan dapat diwujudkan dengan tiga cara, yakni pernafasan, vokalisasi dan postur. Olahraga pernafasan bisa dilakukan dengan senam pernafasan seperti senam tera dan yoga. Lalu, vokalisasi antara lain dengan bersenandung, membaca Al Qur’an dan lainnya. Sedangkan postur dapat ditempuh dengan cara seperti melakukan senam taichi maupun gerakan salat.
    Frekuensi olahraga fisik dapat dilakukan 3-5 kali per minggu, intensitas sedang, dan durasi selama 30-45 menit. Sedangkan jenis olahraga yang bisa dipilih seperti jalan cepat, joging, bersepeda statis, senam, dan berenang. Sebelum memulainya didahului dengan pemanasan dan diakhiri pendinginan.
  2. Mengonsumsi Makanan Sehat
    Berikut adalah makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh menurut CNBC Internasional:

    • Brokoli
      Brokoli juga kaya vitamin C dan mengandung vitamin E serta antioksidan yang dapat membantu melawan bakteri dan virus. Setengah cangkir brokoli mengandung 43% dari nilai vitamin C harian, menurut NIH.
    • Buncis
      Buncis mengandung banyak protein, serta nutrisi penting yang terbuat dari asam amino yang membantu menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, buncis bagus dalam mensintesis dan memelihara enzim untuk menjaga sistem agar berfungsi dengan baik.
    • Stroberi
      Wunder mengatakan setengah cangkir stroberi sudah dapat memenuhi 50% dari kebutuhan vitamin C manusia per hari. Wunder merekomendasikan menambahkan stroberi cincang ke yogurt, oatmeal atau dikonsumsi dengan roti gandum dan selai kacang. “Tentu saja, mereka cocok dengan smoothie juga,” ujarnya.
    • Bawang Putih
      Bawang putih tidak hanya penuh dengan rasa, tetapi juga mengandung manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kemampuan meningkatkan kekebalan dari Bawang Putih berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, yang dapat membantu melawan beberapa infeksi.
    • Bayam
      Bayam kaya akan vitamin C dan penuh antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh kita dari kerusakan lingkungan. memiliki beta karoten, sumber makanan utama vitamin A, komponen penting dari fungsi kekebalan tubuh.
  3. Berjemur Matahari Pagi
    Waktu yang tepat untuk berjemur adalah diwaktu jam 10.00-11.00 pagi, karena sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.  Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja.
    Tindakan pencegahan seperti mencuci tangan,  menjaga jarak sosial (social distancing/physical distancing), berolahraga dan cukup tidur adalah kunci untuk menurunkan risiko terpapar. Mari kita putus rantai penularan covid- 19 dengan tetap dirumah aja dan menerapkan pola hidup sehat.

Ditinjau oleh : drg. Hardono Jaya Lauson

 


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *