Apakah Bleaching Gigi Itu Aman?

Bagikan artikel ini

Bleaching GigiDalam bidang kedokteran gigi, pemutihan gigi sering kali disebut dengan perawatan bleaching. Sobat Joy Dental yang rutin check up gigi ke dokter gigi pasti sudah tidak asing lagi kan, dengan istilah bleaching gigi ini. Bleaching atau pemutihan gigi adalah perawatan yang bertujuan untuk memutihkan atau menaikkan warna gigi dengan menggunakan bahan kimia khusus yang diaplikasikan pada permukaan gigi.

Setiap orang pasti sangat mendambakan memiliki gigi putih dan bersih. Memang pada dasarnya tidak semua orang memiliki gigi yang putih sesuai dengan yang diharapkan. Warna gigi pada setiap orang dapat mengalami perubahan warna. Perubahan ini dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor instrinsik yang mempengaruhi perubahan warna gigi bisa dari konsumsi flouride yang terlalu berlebihan atau adanya kelainan-kelainan tertentu. Sedangkan faktor ekstrinsik yang mempengaruhi perubahan warna gigi disebabkan adanya zat-zat warna yang terkandung dalam makanan, minuman, dan merokok. Beberapa contoh makanan dan minuman yang dimaksud seperti teh, kopi, minuman bersoda, rawon, rendang, dan lain-lain. Karena 2 faktor tersebut sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari di masyarakat, banyak orang memilih untuk perawatan memutihkan gigi.

Bleaching gigi merupakan perawatan mencerahkan gigi yang optimal karena dengan metode ini kita dapat mendapatkan hasil yang bagus dan juga estetis. Bahan yang digunakan untuk bleaching gigi biasanya menggunakan bahan oksidatif seperti hidrogen peroksida dan karbamid peroksida. Bahan tersebut nantinya akan dioleskan pada permukaan gigi dan akan berdifusi dalam email gigi serta melepaskan zat yang dapat memecah warna gigi. Perlu Sobat Joy ketahui, bleaching gigi dibagi menjadi 2 cara yaitu In Office Bleaching dan At Home Bleaching.

Apa Perbedaan In Office Bleaching dan At Home Bleaching?

In Office Bleaching dilakukan di klinik oleh dokter gigi. Bahan yang dipakai biasanya memiliki konsentrasi tinggi sehingga harus diaplikasikan oleh dokter gigi, keuntungan dari perawatan ini adalah waktu kerja yang cepat sehingga hasilnya langsung terlihat begitu perawatan selesai dilakukan.

Sedangkan At home bleaching dapat dilakukan sendiri oleh pasien di rumah karena bahan yang dipakai memiliki konsentrasi yang jauh lebih rendah. Namun harus diaplikasikan selama beberapa saat dan diulang dalam waktu beberapa hari. Biasanya dokter gigi akan membuatkan semacam cetakan yang kemudian diisi dengan gel bleaching.

Apakah Bleaching Gigi Itu Aman?

Bleaching gigi baik yang dilakukan secara In Office Bleaching atau At Home Bleaching harus tetap dibawah pengawasan dokter gigi. Perawatan bleaching gigi menggunakan bahan pemutih yang terbilang aman apabila berada dibawah pengawasan dokter gigi.

Beberapa efek samping mungkin bisa terjadi pada saat proses pemutihan gigi dilakukan. Misalnya, gigi menjadi lebih sensitif atau terdapat iritasi pada mulut. Sobat Joy tidak perlu khawatir karena dokter gigi akan melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi efek samping tersebut. Pada saat gigi akan dibleaching, dokter gigi akan memasang karet pelindung mulut dan mengaplikasikan gel pelindung digusi untuk melindungi area mulut dan gusi dari bahan kimia yang akan dioleskan pada permukaan gigi. Sedangkan untuk mengatasi rasa ngilu setelah perawatan bleaching gigi, dokter gigi mengaplikasikan gel dengan kandungan fluoride yang dapat berguna untuk proses remineralisasi email gigi.

Ada beberapa hal yang perlu Sobat Joy perhatikan setelah melakukan pemutihan, yaitu harus menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hasil bleaching gigi ini biasanya dapat bertahan selama setahun atau bahkan lebih tergantung dari konsumsi makanan dan minuman yang dikonsumsi setelah proses perawatan. Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang berwarna warni seperti kopi, teh, alkohol atau wine, rawon dan lain-lain.

Jangan lupa juga untuk kontrol rutin dengan dokter gigi agar perawatan bleaching yang sudah dilakukan dalam kondisi yang baik sehingga apabila terjadi keluhan yang dirasa tidak nyaman bisa langsung dikonsultasikan dengan dokter gigi yang menangani.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *