Logo Klinik Gigi Joy Dental
Beranda » Artikel » Memahami Teknik LED Whitening: Cara Modern Memutihkan Gigi

Memahami Teknik LED Whitening: Cara Modern Memutihkan Gigi

September 5, 2024

Klinik Gigi Joy Dental - Halo Sobat Joy, apakah Sobat Joy sudah pernah mendengar mengenai teknik LED whitening sebelumnya? Jika belum, mari simak informasi selengkapnya mengenai teknik tersebut hanya disini.

Gigi merupakah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari, berinteraksi, berbicara, dan komunikasi. Gigi menjadi salah satu pusat perhatian yang penting dalam penampilan. Oleh sebab itu, tidak cukup hanya sehat saja. Memiliki gigi yang cerah dan putih akan meningkatkan kepercayaan diri terhadap penampilan.

Informasi terkait teknik LED whitening, Sumber: 3alamaltajmeel.com
Informasi terkait teknik LED whitening, Sumber: 3alamaltajmeel.com

Apa itu Prosedur Bleaching?

Prosedur bleaching merupakan salah satu teknik memutihkan gigi untuk gigi vital permanen dewasa. Kelebihannya prosedur bleaching lebih instant dan minimal invasive dibanding veneer. Bleaching ada beberapa macam teknik Sobat Joy yaitu prosedur bleaching in office atau prosedur yang dilakukan di klinik. 

Prosedur bleaching at home atau prosedur yang dilakukan sendiri di rumah. Tapi jangan salah ya, untuk prosedur bleaching at home, Sobat Joy tidak boleh sembarangan asal melakukan bleaching sendiri. Tentu saja ada peralatan serta bahan bleaching dengan konsentrasi tertentu yang bisa di aplikasikan. Prosedur at home ini juga harus dibawah pengawasan dokter gigi.

Pada prosedur at home, dokter gigi akan membawakan tray sesuai ukuran pasien dan bahan bleaching yang sesuai untuk diaplikasikan sendiri di rumah. Sobat Joy bisa mengaplikasikan bleaching ini di rumah.

Sedangkan prosedur in office, sepenuhnya dilakukan di klinik oleh dokter gigi. Nah umumnya, prosedur di klinik ini menggunakan cahaya atau sinar pemutih yang bertujuan untuk mempercepat prosedur pemutihan gigi. Salah satunya dengan menggunakan light-emitting diodes atau LED whitening.

Melakukan prosedur pemutihan gigi di dokter, Sumber: amdlasers.com
Melakukan prosedur pemutihan gigi di dokter, Sumber: amdlasers.com

Memutihkan Gigi dengan Prosedur Led Whitening

Prosedur LED whitening ini dilakukan dengan bantuan aktivasi cahaya atau sinar. Sinar yang digunakan yaitu LED. Teknik ini memadukan teknik konvensional, yaitu mengaplikasikan bahan pemutih gigi karbamid peroksida atau hydrogen peroksida dengan aktivasi cahaya. 

Sinar LED ini membantu aktivasi gel pemutih yang diaplikasikan terhadap gigi, sehingga proses pemutihan menjadi lebih cepat. Dengan adanya aktivasi cahaya pada proses bleaching ini tentu akan membuat hasilnya lebih maksimal dan memuaskan. Berikut tahapan prosedur LED whitening yang dilakukan di klinik:

  • Memastikan kebersihan gigi dari karang gigi dan sisa makanan, scaling dapat dilakukan terlebih dahulu bila diperlukan.
  • Memberikan obat analgesik atau anti nyeri bila diperlukan.
  • Mengoleskan anti linu atau bahan desensitisasi bila diperlukan.
  • Aplikasi atau mengoles bahan pemutih pada permukaan gigi.
  • Melakukan penyinaran dengan sinar LED kurang lebih 20-40 menit.
  • Prosedur pengolesan dan penyinaran dapat diulangi kembali untuk hasil yang lebih maksimal.

Bagi Sobat Joy yang ingin memutihkan gigi dengan teknik LED whitening ini jangan ragu dengan keamanannya ya. Sinar LED ini sudah dilakukan penelitian bahwa aman untuk prosedur pemutihan gigi dan memberi efek yang baik seperti mempercepat dan membuat hasil lebih maksimal.

Apabila dibandingkan dengan teknik konvensional tentu teknik LED ini sesuai untuk Sobat Joy yang ingin memutihkan gigi dan tidak punya waktu lama. Untuk prosedur memutihkan gigi dengan waktu yang cepat bisa dengan teknik LED whitening atau laser whitening ya. 

Untuk teknik laser biasanya waktunya lebih cepat lagi dibanding LED, namun untuk biayanya cenderung lebih besar.

Risiko dan Efek Samping LED Whitening

Sedikit kita bahas mengenai resiko dan efek samping yang mungkin terjadi pada prosedur LED whitening. Sebenarnya resiko dan efek samping ini bisa terjadi pada hampir semua teknik bleaching, antara lain:

  • Rasa sensitif atau ngilu pada gigi, biasanya terjadi pada saat prosedur bleaching atau pasca bleaching. Dokter gigi umumnya akan memberikan obat analgesik atau anti nyeri dan bisa juga mengolesi bahan antalgin atau desensitisasi. Pasien juga bisa meminimalisir ngilu pasca bleaching dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.
  • Alergi bahan bleaching, reaksi alergi mungkin saja terjadi. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui adanya alergi pada pasien sebelum dilakukan prosedur bleaching.

Penting untuk Sobat Joy tahu juga bahwa tidak semua kasus dapat dilakukan prosedur bleaching ya. Misalnya untuk gigi yang sudah mati atau nekrotik dan berwarna sangat gelap, kondisi perubahan warna yang parah akibat fluorosis, atau perubahan warna karena adanya gangguan kongenital pada enamel, warna tambalan yang berubah. 

Pada kasus-kasus dengan kondisi perubahan warna yang ekstrem tersebut, bleaching saja tidak bisa efektif untuk merubah warna gigi.

Selain itu, bleaching juga kontraindikasi apabila dilakukan pada gigi susu atau pada Perempuan yang hamil atau menyusui. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasi dulu ya dengan dokter gigi untuk mendapat perawatan yang tepat.

Setelah melakukan LED whitening wajib rutin menyikat gigi, Sumber: satudental.com
Setelah melakukan LED whitening wajib rutin menyikat gigi, Sumber: satudental.com

Tips dan Perawatan Pasca Bleaching

Hasil LED whitening tentu membuat gigi lebih putih dan cerah dengan waktu yang singkat. Ketahanan hasil ini bergantung dari perawatan pasien. Semakin baik perawatannya maka akan semakin awet. Beberapa tips dan perawatan yang dapat dilakukan untuk gigi pasca bleaching antara lain:

  • Menjaga kebersihan gigi sebaik mungkin, sikat gigi rutin minimal dua kali sehari (pagi setelah makan dan malam sebelum tidur).
  • Menghindari makan dan minum yang terlalu berwarna seperti teh, kopi, soda. Makanan tersebut dapat membuat warna gigi berubah menjadi kuning atau coklat.
  • Menghindari makanan yang bersifat asam, sering makan asam membuat gigi kita erosive.
  • Menghindari merokok, zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat mempengaruhi warna gigi kita.

LED whitening merupakan salah satu teknik memutihkan gigi dengan kelebihan mampu mempersingkat waktu prosedur bleaching, dengan mekanisme mempercepat aktivasi bahan bleaching yang diaplikasikan pada permukaan gigi. Teknik ini merupakan salah satu opsi modern untuk mendapatkan hasil gigi yang lebih putih.

Apabila Sobat Joy tertarik dengan prosedur yang satu ini, maka bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter gigi Jogja dari Joy Dental atau Klinik Gigi Joy Dental lain yang terdekat dari lokasi Anda.

Penulis : drg. Claudia Erika

Referensi:

  • Daltro, T.W.S., Almeida, S.A.G., Dias, M.F., Lins-Filho, P.C., Silva, C.H.V., Guimaraes, R.P., 2020, The influence of violet LED light in tooth bleaching protocols: in vitro study of bleaching effectiveness, Photodiagnosis and Photodynamic Therapy, Vol 32.
  • Souza, B.R., Lago, A.D.N., Ferreira, L.S., Mayer-Santos, E., Freitas P.M., Morimoto, S., et al., 2021, In-office bleaching protocols using violet LED: A split mouth case report, Photodiagnosis and Photodynamic Therapy, Vol 36.
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram