8 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bagikan artikel ini

Kesehatan mulut sangat penting untuk kesejahteraan umum dan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Gigi merupakan satu kesatuan dengan anggota tubuh yang lain. Kerusakan pada gigi dapat mempengaruhi kesehatan anggota tubuh lainnya, sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Beberapa tips untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat antara lain:

1.    Sikat gigi dua kali sehari
Salah satu cara paling mudah dalam merawat gigi adalah dengan menggosok gigi. Untuk itu, biasakan untuk selalu menggosok gigi minimal dua kali sehari yakni pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Selain itu, perhatikan pula cara yang benar dalam menggosok gigi, pastikan jika makanan dan plak yang bersarang di gigi telah bersih.     Sebaiknya gunakan pasta gigi berfluoride dan sikat gigi yang dapat menjangkau keseluruhan gigi hingga ke sela-sela gigi sehingga dapat bersih sempurna.

Sikat gigi menjangkau keseluruhan gigi

2.    Ganti sikat gigi secara teratur
Waktu terbaik untuk mengganti sikat gigi berkisar antara 3 – 4 bulan sekali. Sikat gigi yang jarang diganti dengan bulu sikat yang sudah usang tak akan mampu  membersihkan gigi secara menyeluruh.

3.    Benang gigi dan Obat Kumur
Penggunaan benang gigi atau sikat antar gigi untuk membersihkan sela-sela gigi setiap kali menyikat gigi penting untuk kesehatan gusi. Penggunaan obat kumur akan memberikan perlindungan ekstra, melawan bakteri, dan merontokkan plak atau karang gigi sehingga mulut akan terasa lebih segar.

4.    Bersihkan gigi 30 menit setelah makan
Mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kadar asam tinggi akan melunakkan enamel pada gigi. Menyikat langsung setelah makan, saat enamel terlunak, dapat merusaknya. Seiring waktu, enamel yang melemah dapat menyebabkan sensitivitas, pewarnaan, dan gigi berlubang. Disarankan untuk menunggu 30 menit setelah makan sebelum membersihkan gigi, agar enamel mengeras lagi.

5.    Kurangi konsumsi gula
Kurangi jumlah dan frekuensi makanan dan minuman manis. Selain harus membatasi jumlah makanan manis yang dikonsumsi, perlu juga membatasi frekuensi konsumsi. Setelah makan, maka enamel melunak, dan lebih rentan terhadap kerusakan. Pertahanan alami mulut, air liur, akan membantu mengeraskan enamel lagi, tetapi perlu waktu untuk menumpuk setelah makan.

6.    Kunjungi dokter gigi secara teratur
Datang ke dokter gigi secara teratur akan menghilangkan plak dan noda, mengobati penyakit gusi dan mencegah bau mulut. Sebaiknya rutin pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 – 12 bulan untuk mengetahui masalah lebih awal dan menjaga kesehatan gigi. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Mencegah sakit gigi lebih baik

7.    Bersihkan lidah
Gunakan sikat gigi lembut atau alat pembersih lidah khusus untuk secara teratur membersihkan permukaan lidah dan menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

8.    Ganti gigi yang hilang
Mengganti gigi yang hilang akan mencegah pembusukan dan pergerakan gigi di sekitarnya, dan kehilangan tulang di tempat lain di rahang. Pemasangan gigi tiruan untuk mengembalikan fungsi dan terlihat alami bisa didapatkan dengan perawatan di Klinik Gigi Joy Dental. Silahkan konsultasikan dengan dokter gigi mengenai rencana perawatan yang akan dilakukan, klinik Joy Dental siap membantu permasalahanmu.

Sumber:
ita97.mahasiswa.unimus.ac.id/2015/10/12/artikel/
https://www.portmandentalcare.com/dental-articles/smile-for-life


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close