Beranda » Konsultasi » Konsultasi: Bahayakah Membiarkan Gigi Berlubang?

Konsultasi: Bahayakah Membiarkan Gigi Berlubang?

April 10, 2014

Tanya: Dok, saya mau tanya bagaimana cara menghilangkan trauma saya kalo pergi ke dokter gigi? Dulu semasih kecil saya rutin ke dokter gigi. Setelah kelas 6 SD ada pemeriksaan gigi ternyata saya harus ke puskemas untuk bor gigi karena gigi berlubang. Setelah saya melakukan penambalan gigi ternyata tak sampai seminggu sudah lepas jadi kondisi lubang lebih besar dari sebelumnya. Kurang lebih 14 tahun saya membiarkan gigi bolong. Apakah tindakan saya ini berbahaya dok dengan membiarkan lubang seperti itu?
Terimakasih atas perhatiannya.
Bernard, Yogyakarta

Jawaban: Terima kasih telah mengirimkan konsultasi kepada kami.

Foto Gigi Berlubang

Membiarkan gigi berlubang selama 14 tahun tentu saja berbahaya. Gigi berlubang jika didiamkan terus-menerus akan menyebabkan kuman menyerang saraf dan pembuluh darah di dalam gigi, serta menyebar ke seluruh bagian gigi. Pada saat kuman menyerang saraf dan pembuluh darah gigi, gejala yang timbul adalah sakit tanpa ada rangsang (sakit spontan) dan berdenyut terus-menerus. Biasanya jika rasa sakit ini bisa ditahan oleh pasien, atau dibantu dengan minum obat anti rasa sakit, maka rasa sakit akan hilang sementara dan pasien tidak akan mencari pertolongan ke Dokter Gigi.

Jika keadaan tersebut didiamkan saja dan tidak mendapatkan perawatan akibatnya bakteri akan terus melepaskan toksin-nya hingga menjalar ke bagian ujung akar gigi. Dan sebagai proses pertahanan tubuh dari pasien terhadap toksin bakteri, maka di bagian ujung akar tersebut akan terbentuk reaksi peradangan berupa abses, granuloma, atau bahkan kista pada bagian ujung akar gigi. Pada tahap ini, gejala yang dirasakan pasien adalah rasa sakit jika gigi ditekan atau dipakai mengunyah, terkadang timbul bengkak kecil di bagian gusi dekat akar gigi tersebut.

Tentu saja, jika anda kembali membiarkan keadaan tersebut, kuman akan berlanjut melepaskan toksin-nya melalui pembuluh darah menuju ke organ-organ lain di seluruh tubuh anda. Dilaporkan beberapa kasus penyakit pada organ tubuh yang berkaitan dengan kuman yang berasal dari gigi berlubang antara lain, penyakit jantung, ginjal, lambung, dan sebagainya.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya saat ini anda segera mengunjungi Dokter Gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Atasi trauma anda untuk ke Dokter Gigi dengan mendatangi klinik gigi yang nyaman, pelayanan yang ramah, dan profesional. Anda dapat mencari informasi tersebut melalui referensi dari teman, saudara, atau anda dapat mencarinya di internet. Tanamkan dalam batin anda, bahwa anda pergi ke Dokter Gigi untuk kepentingan kesehatan seluruh tubuh anda dan seorang Dokter Gigi pasti akan memberikan perawatan yang terbaik bagi pasiennya.

Info lebih lanjut mengenai penambalan dan pencabutan gigi, dapat mengubungi Joy Dental melalui
Telp/sms/WA : 0877 3669 7888 / 0877 3938 5888
Pin BB : 2B4A3E37 / 29E9334E
Line ID : joydentalyogya
Instagram : @joydentalyogya
Path : Joy Dental
Email : joydental.yogya@yahoo.com
FB : www.facebook.com/dental.joy
Twitter   : @joydentalyogya
Website  : http://klinikjoydental.com
Atau datang langsung ke Joy Dental

  1. JOY DENTAL KALIURANG, Jl Kaliurang Km. 5 No. 34 (sebelah BNI Syariah) Telp/sms 0851 06556688
  2. JOY DENTAL SETURAN, Ruko Seturan Square Kav 9, Jl Seturan Raya No 1 (timur RM Bungong Jeumpa – Ruko Orange) Telp/sms 0851 07556699
  3. JOY DENTAL BANTUL, RingRoad Barat, Selatan UMY (setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu) Telp. 087739385888 (Pin: 29E9334E)

Disadur dari: http://health.kompas.com/read/2013/09/24/0953589/Bahaya.Membiarkan.Gigi.Berlubang

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram