Beranda » Artikel » Solusi jika sakit gigi seperti kena setrum saat mengunyah

Solusi jika sakit gigi seperti kena setrum saat mengunyah

Maret 6, 2014

Jika anda pernah mengalami sakit gigi karena gigi berlubang. Mungkin ketika anda makan dan mengunyah makanan. makanan tersebut masuk ke dalam lubang gigi sehingga menyebabkan rasa seperti terkena setrum atau sakit yang teramat sangat.... Segera periksa ke dokter gigi untuk diberikan penanganan secepatnya!

Perawatan pasien sakit gigi

Sakit gigi seperti tersetrum

Masalah berikut dialami oleh - sebut saja Yance.

Gigi geraham kanan bawah Yance berlubang dan setiap mengunyah lalu kena makanan rasanya seperti terkena setrum, kemudian sakit sekali.

Pertanyaan:

Apakah ditambal itu solusi yang baik?
Ataukah langsung dicabut saja?

Jawaban:

Bahwa gigi telah berlubang merupakan pertanda bahwa proses perusakan telah berlangsung pada material gigi.

Solusi paling tepat tentu saja adalah segera merawatkannya ke dokter gigi berkompeten yang kita pilih. sebelum proses kerusakan terlanjur berkembang makin parah.

Terlebih pada kondisi di mana lapisan terluar gigi (email) telah rusak/hancur/hilang, sehingga lapisan kedua gigi (dentin) membuka. Lapisan kedua gigi yang tersusun khas dengan material tertentu berformasi jejeran tubuli dentinalis (saluran berdiameter sangat kecil), yang bila email gigi telah rusak/hancur/hilang dapat membuka akses hubungan terbuka antara bagian terdalam gigi (pulpa gigi yang berisi jaringan syaraf, pembuluh darah, dan lymphe) kita dengan dunia luar, dalam rongga mulut kita.

Terbukanya akses ini memicu ragam symptom/gejala yang bisa kita alami semisal gigi linu saat ada perbedaan suhu, terkena tekanan pengunyahan, termasuk invasi bakteri dari luar ke dalam pulpa gigi kita yang akan menginfeksinya sehingga menimbulkan kasus infeksi/radang.

Baca Juga: Tambal Gigi di Klinik Gigi Joy Dental

Yang bila dibiarkan saja tanpa perawatan tuntas dari dokter gigi berkompeten dapat berimbas lanjut membusuknya gigi kita, yang pada gilirannya, sang penyebab infeksi (bakteri) tersebut dapat menyebar ke seluruh tubuh kita dan menginfeksi organ-organ dalam kita semisal jantung, otak, rahim dan sebagainya.

Dugaan sementara, rasa seolah terkena setrum seperti yang dikeluhkan di atas bisa saja terjadi akibat reaksi persyarafan pada pulpa gigi akibat tekanan pengunyahan yang mengenai area dentin gigi berlubang yang telah terbuka. Saluran terbuka pada tubuli dentinalis dentin yang terbuka tersebut meneruskan tekanan yang diterima langsung oleh sang gigi menuju syaraf gigi yang masih vital/sehat sehingga menimbulkan symptom rasa tersetrum tersebut.

Sebaiknya segera memeriksakan dan merawatkan kondisi gigi tersebut ke dokter gigi berkompeten sedini mungkin agar dapat segera mendapatkan perawatan pencegahan terdini secara tuntas.

Pilihan pencabutan tidak disarankan karena dugaan sementara gigi masih bisa dipulihkan kesehatannya serta dikembalikan fungsinya dalam keadaan sehat. Gigi berlubang hanya dicabut bila sudah sama sekali tidak dapat dipulihkan kesehatannya dan materialnya telah hancur/melunak hingga ke area akar giginya. Bagaimanapun juga, gigi asli yang sehat ataupun telah disehatkan jauh lebih nyaman dan ideal dibanding gigi palsu jenis apapun.

Demikian, semoga dapat dipahami dengan jelas dan bermanfaat.
Terimakasih :-)

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram