Perkembangan Gigi Susu Pada Anak

Bagikan artikel ini

Pertumbuhan Gigi SusuGigi anak rapat dan tumpang tindih?... baca selengkapnya...

Manusia memiliki 2 set gigi yaitu: gigi susu pada saat bayi dan gigi permanen pada saat dewasa yang perkembangannya mengikuti tahapan tertentu. Meskipun waktu pertumbuhannya berbeda tetapi proses hampir sama untuk setiap set gigi baik gigi susu maupun gigi permanen.

Berikut ini beberapa fakta mengenai pertumbuhan gigiBerapa Lama Gigi Tumbuh Lagi Setelah Copot?... baca selengkapnya... susu:

Menurut Shantanu Lal, dokter gigiGigi Bisa Mati ?... baca selengkapnya... di Columbia University Medical Center (New York), gigi cenderung untuk tumbuh dalam posisi yang simetris, contohnya: gigi gerahamGigi Bungsu, Masalah Dan Pengobatanya... baca selengkapnya... atas kiri akan tumbuh dalam waktu yang hampir bersamaan dengan gigi geraham atas kanan.

Menurut drg Lal, proses pertumbuhan gigi dimulai jauh sebelum kemunculan gigi pertama, sebagai contoh, gigi susu pada bayi pertama kali muncul pada umur sekitar 6 bulan, tetapi proses pertumbuhan gigi ini sebenarnya sudah dimulai ada awal trimester kedua kehamilan.

Mahkota gigi tumbuh pertama kali, dilanjutkan dengan pertumbuhan akar gigi. Akar gigi akan terus tumbuh meskipun setelah gigi muncul ke permukaan.

20 gigi susu akan berada pada posisinya mulai umur 2,5 – 3 tahun sampai dengan 6 tahun. Kemudian dari umur 6 tahun sampai dengan 12 tahun, gigi susu akan mulai tanggal/copot untuk memberi jalan bagi pertumbuhan gigi permanen.

 

Perkembangan Gigi Susu

Perkembangan Gigi Susu

 

Gigi AnakMakan Cokelat, Boleh atau Tidak?... baca selengkapnya... yang terlambat tumbuh

Pertumbuhan gigi pada anak dapat berbeda waktunya dan hal ini adalah normal. Variasi ini dipengaruhi salah satunya oleh asupan kalsium ibu saat hamil. Tetapi tidak berarti jika ibu hamil4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... yang asupan kalsiumnya tinggi maka pertumbuhan gigi bayinya akan cepat karena daya serap kalsium berbeda-beda pada setiap janin. Yang perlu diingat adalah sekitar 4 gigi anak akan muncul setiap 6 bulan usia anak bertambah. Dan pertumbuhan gigi biasanya lebih cepat pada anak perempuan daripada anak laki-laki.

Tetapi jika dalam umur 1 tahun anak anda belum menunjukkan adanya tanda-tanda pertumbuhan gigi, sebaiknya segera konsultasiPemasangan Retainer... baca selengkapnya... ke dokter gigi terdekat atau dapat datang ke Klinik GigiKetika Fobia Gigi datang Menghadang Jalan Anda... baca selengkapnya... Joy DentalPenyebab Sakit Gigi... baca selengkapnya.... Walaupun beberapa anak mungkin mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi dan masih bisa mengejar keterlambatannya tanpa masalah.

Sumber: https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/e/eruption-charts


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close