Lingual Braces, Perawatan Behel Tidak Terlihat Pakai Behel

Bagikan artikel ini

lingual braces before after joy dental

Behel gigi banyak sekali digunakan oleh berbagai kalangan, tujuannya adalah untuk merapikan susunan gigi yang berantakan. Selain untuk tujuan tersebut, behel gigi banyak dicari oleh kalangan remaja hingga dewasa karena dianggap sebagai tren fashion. Padahal, behel fashion itu tidak ada. Behel gigi adalah perlengkapan medis yang dalam aplikasinya harus dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti. Jika pemasangan behel tidak tepat, bukan gigi rapi yang Sobat Joy akan dapatkan, tapi permasalahan kesehatan yang bisa jadi cukup berbahaya. Kalau Sobat Joy mau tahu seberapa berbahayanya behel gigi abal-abal ini, silakan baca juga Hati-hati, Pasang Behel Palsu Bisa Bahayakan Kesehatan Mulut.

Bagi sebagian orang tidak suka apabila terlihat ada pagar besi pada gigi. Klinik Gigi Joy Dental menyediakan berbagai pilihan behel yang tidak hanya bagus secara medis, namun juga bagus secara estetik. Mulai dari behel konvensional yang transparan, behel self ligating clarity atau clear, clear aligner, dan satu lagi yang saat ini akan kita bahas di artikel ini, yaitu behel lingual (lingual braces).

Behel lingual adalah behel gigi yang meliputi bracket dan kawat yang dipasang pada permukaan gigi bagian dalam sehingga behel gigi lingual ini tidak terlihat dari luar. Behel lingual sebenarnya memiliki kesamaan dengan behel konvensional, hal yang membedakan adalah letak bracketnya. Kawat gigi tersembunyi produksi Perancis ini memungkinkan estetika gigi tidak terganggu, karena kawat gigi tak terlihat sama sekali meski mulut terbuka atau tertawa lebar. Bracket pada behel lingual bentuk nya lebih tipis dan lebih melengkung sehingga ketika kontak langsung tidak melukai lidah.

Behel jenis ini cukup populer dan banyak dipakai kalangan selebritis. Salah satunya adalah keluarga Kerajaan Inggris Kate Midleton, Duchess of Cambridge. Untuk Sobat Joy yang suka Kpop, mungkin tidak asing dengan artis dari agency SM Entertainment ya? Menurut info yang kita dapatkan, artis dari SM Entertainment banyak yang memakai behel lingual. Diantaranya adalah Sehun dari grup EXO, Jisung dan Jaemin dari grup NCT.

Bagaimana proses memasang behel lingual?

Pada prinsipnya, proses pemasangan behel lingual hampir sama dengan behel gigi konvesional. Pasien harus membuat cetakan gigi, rontgen OPG dan rontgen Chepalometri. Cetakan ini kemudian dikirim ke luar negeri untuk proses pembuatan. Setelah itu kemudian baru bracket dapat dipasang. Karena behel lingual ini dipasang di bagian dalam gigi, pemasangan tidak bisa dilakukan secara langsung pada satu persatu gigi. Bracket yang digunakan untuk behel lingual ini dibuat secara khusus agar pas dengan mulut pasien. Bracket harus dipasang dengan teliti ke masing-masing gigi untuk memperbaiki misalignment dengan benar. Demikian juga, kawat yang menghubungkan setiap braket memerlukan beberapa kali penyesuaian untuk memberikan hasil terbaik bagi setiap pasien.

Pemasangan behel lingual tingkat kerumitannya jauh lebih tinggi daripada behel konvensional. Kesesuaian yang sempurna sangat penting dalam pemasangan behel gigi lingual karena bracket dan kawat lebih sulit dipasang, bagian belakang gigi lebih sulit dijangkau, dan lebih sedikit ruang bagi ortodontis untuk bekerja. Karena tingginya tingkat kesulitan pada behel ini, tidak semua dokter gigi mampu melakukan perawatan behel lingual. Dibutuhkan pelatihan khusus bagi dokter gigi spesialis ortodonsia untuk melakukan perawatan behel yang satu ini. Jadi, pastikan Sobat Joy memilih dokter gigi yang tepat ya!

Apakah Sobat Joy tertarik menggunakan behel gigi lingual ini? Yuk, konsultasikan pemasangan behel gigi Sobat Joy ke Klinik Gigi Joy Dental!

Ditinjau oleh: drg. Bonifasius Primario W., M. Biotech


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *