Beranda » Konsultasi » Gigi Geraham Bungsu Impaksi

Gigi Geraham Bungsu Impaksi

April 18, 2013

Tanya: Selamat Sore Dok. Saya Donny mahasiswa berumur 23 tahun, gigi geraham bungsu impaksi, sudah tumbuh tetapi tumbuhnya tidak seperti gigi lainnya. Apakah perlu dicabut atau tidak dok? Kalo tidak dicabut apakah ada efeknya?
Terima Kasih

Donny

Jawaban: Hi Donny, terima kasih telah mengirimkan konsultasi kepada kami.

Gigi geraham bungsu mulai tumbuh pada usia sekitar 17-25 tahun. Jika gigi geraham bungsu tumbuh tidak normal maka sebaiknya dicabut. Untuk mengetahui bagaimana posisi gigi geraham bungsu, biasanya pasien diminta untuk melakukan rontgen Panoramic / OPG terlebih dahulu. Berikut ini contoh rontgen pasien dengan gigi geraham bungsu yang Impaksi.

Gigi Geraham Bungsu Impaksi

Gigi Geraham Bungsu Impaksi

Impacted teeth atau gigi impaksi adalah gigi yang hanya tumbuh sebagian atau tidak tumbuh sama sekali. Apabila tumbuh pun gigi tidak tumbuh sesuai dengan anatominya. Hal ini disebabkan karena tidak cukupnya ruang untuk tumbuhnya gigi. Bisa karena posisi giginya terhalang oleh gigi depannya. tulang atau jaringan lunak lainnya.

Sehingga gigi geraham bungsu tumbuh tidak sempurna, seperti tumbuh miring, tidur atau terpendam sama sekali. Bahkan posisinya geraham bungsu ini bisa menyodok gigi depannya yang bisa berdampak fatal pula.

Selain itu gigi geraham bungsu yg tumbuh tidak normal dapat membuat syaraf terjepit dan timbul gejala fisik yang dirasakan diluar dari rasa sakit pada gigi. sakit ini dapat berupa migren, pegal di tulang leher hingga tengkuk, telinga terasa panas dan berdengung, sakit pada tenggorokan (sakit untuk menelan) dan yang lainnya.

Pada prinsipnya gigi impaksi harus dicabut untuk mencegah komplikasi yang parah. Gigi impaksi yang dibiarkan saja akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa karena gigi menekan sel syaraf. Rasa sakit timbul karena adanya infeksi di sekitar gusi akibat dorongan gigi dari dalam. Hal ini yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat.

Bahaya yang mungkin muncul karena tidak dicabutnya gigi geraham bungsu impaksi :

  1. Infeksi pada rahang
  2. Peradangan akibat penumpukan sisa makanan yg tidak terjangkau oleh sikat gigi
  3. Patah tulang rahang
  4. Kista dan tumor (kista berbentuk kantong yan berisi cairan berbentuk bulat)

Jadi untuk memastikan kasus mas Donny, silahkan datang saja ke klinik Joy Dental untuk berkonsultasi, untuk konsultasi free kok... Terima kasih, kami tunggu kedatangannya.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram