Pilih Dokter atau Tukang Gigi untuk Pasang Behel? Ini Bedanya!

Pilih Dokter atau Tukang Gigi untuk Pasang Beghel? Ini Bedanya!Banyaknya permintaan pemasangan kawat gigi beghel tak hanya memperbanyak pasien dokter gigi, tukang gigi di pinggiran jalan pun kebanjiran order. Sebetulnya yang membedakan tukang gigi dan dokter gigi apa ya?

Sebuah kios tukang gigi di kawasan Jalan Dipatiukur menjadi salah satu tempat praktek tukang gigi. Jangan berharap tempatnya seperti di dokter gigi, tempat praktik tukang gigi ini sangat sederhana. Ruangannya hanya berukuran sekitar 1×2 meter. Tidak ada alat canggih seperti kursi otomatis, lampu sorot dan lainnya. Namun peralatan lain seperti alat scaling, alat untuk memasang beghel, dan lainnya ada di tukang gigi ini.

“Bedanya kalau pasang beghel di saya, itu tidak dicabut, hanya direngangkan saja setiap dua minggu sekali, hasilnya juga lebih cepat,” promo Azzam salah satu tukang gigi di Jalan Dipatiukur, kepada detikbandung.

Sementara di dokter gigi, biasanya sebelum pasang kawat pasien diminta untuk rontgen mulut untuk mengetahui apakah gigi pasien harus dicabut atau tidak. Dilihat juga posisi gigi mana saja yang harus diperbaiki. Atau melihat rongga mulut pasien apakah masih luas atau tidak. Jika harus ada yang dicabut, maka gigi pasien akan dicabut secara bertahap. Tapi jika tidak, dokter gigi tidak akan melakukan pencabutan gigi.

“Dicabut atau tidaknya gigi itu tergantung dari kondisi gigi pasien sendiri. Ada yang memang harus dicabut ada juga yang tidak. Tidak semua harus dicabut kok,” ujar Vella mahasiswi semester akhir Fakultas Kedokteran Gigi Unpad.

Memakai beghel di dokter gigi memang proses untuk mendapatkan gigi lurus dan rapi lebih lama dibanding dengan yang dijanjikan tukang gigi. Namun menurut Vella, hal tersebut karena sudah diperhitungkan dengan ilmu yang para dokter dapatkan selama mengenyam pendidikan.

“Kita melakukan semuanya dengan perhitungan, sudah ada ketetapannya. Tidak bisa main tarik gitu aja. Yang sudah diperhitungkan saja gigi suka ngilu kalau beghelnya ditarik, apalagi yang tidak,” kata Vella.

Nah, semuanya tergantung kepercayaan pasien. Apakah mau ditangani oleh dokter atau tukang gigi. Memilih untuk menggunakan jasa Dokter gigi dengan ilmu yang didapatnya selama kuliah hingga mengambil spesialis orto, atau tukang gigi yang mempelajari ilmu tentang gigi dengan mengikuti kursus dan seminar gigi.

Soal harga memang tukang gigi lebih murah dibanding dokter gigi. Semuanya kembali kepada Anda sebagai pasien.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-55540 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Bungong Jeumpa)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Bantul
RingRoad Barat, Selatan UMY
(setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti harga pasang behel, harga behel gigi dokter, harga behel gigi di dokter gigi, perbedaan behel dokter dan ahli gigi, ahli gigi, perbedaan pasang behel di dokter dan ahli gigi, perbedaan ahli gigi dan dokter gigi, dokter gigi pasang behel di bandung, perbedaan dokter gigi dan ahli gigi, bedanya behel dokter dan ahli gigi dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi

6 thoughts on “Pilih Dokter atau Tukang Gigi untuk Pasang Behel? Ini Bedanya!

  1. L

    dok, gigi saya renggang rencana ingin pasang behel biar bagus dan rapi. kira2 tahapan nya apa saja dan biaya keseluruhan brp ya dok?makasi

    • admin

      Selamat Siang L, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  2. Diobongiovi

    dok gigiku ini deepbite kalo pake retainer bisa ngga ya?.dan kalo pasang retainer itu sakit apa engga ya dok.terima kasih….

    • admin

      Selamat Pagi Diobongiovi, untuk penjelasan tentang retainer sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  3. Agnes Liryan Lorenza Putri

    Dok gigi saya renggang dan saya ingin memakai behel untuk merapikannya. Kira-kira berapa lama prosesnya dan biayanya? Terimakasih

    • admin

      Selamat Siang Agnes, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *