Ugly Duckling Stage, Tahap Pertumbuhan Gigi Anak yang Sering Terabaikan

Bagikan artikel ini

pertumbuhan gigi susu pada anak
Pada fase tumbuh kembang anak, ada suatu fase dimana gigi susu anak lambat berganti. Gigi tersebut adalah rahang atas. Umumnya, gigi susu akan berlepasan dari gigi seri depan hingga gigi geraham belakang. Namun, khusus gigi susu rahang atas, ada pola yang berbeda. Gigi taring justru adalah gigi yang tanggal terakhir. Fenomena ini menimbulkan kondisi yang bernama “Ugly Duckling Stage”, yang dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai “Tahap Anak Bebek yang Buruk”.

Tahap Ugly Duckling Stage terjadi sewaktu anak berusia 9 hingga 11 tahun. Pada usia ini, empat gigi seri atas anak sudah berganti gigi permanen, namun gigi taringnya belum. Hal ini menyebabkan adanya space atau jarak di antara ke-empat gigi tersebut. Hal ini merupakan hal yang wajar. Pada usia 11-13 tahun, gigi susu taring rahang atas akan goyang dan lepas kemudian digantikan gigi taring. Pertumbuhan dari gigi taring dewasa ini akan secara otomatis menutup jarak di antara empat gigi seri dewasa. Ketika gigi taring sudah tumbuh sempurna pada usia 13-15 tahun, celah gigi akan menutup dengan sempurna.

ugly duckling stage 9 hingga 11 tahun

Yang menjadi kerisauan dokter gigi, khususnya dokter gigi anak dan dokter gigi spesialis kawat gigi (orthodontist) adalah maraknya penggunaan behel dini bahkan pada anak-anak di bawah usia 12 tahun. Hal ini adalah hal yang sangat tabu. Penggunaan behel yang tidak benar justru akan menutup jarak yang secara alami ada dan diperlukan sebagai ruang tumbuh gigi dewasa. Akibatnya, gigi dewasa malah kehilangan ruang untuk tumbuh. Gigi yang tidak memiliki tempat untuk tumbuh akan cenderung tumbuh tidak beraturan, bisa jadi di depan gigi, di belakang, berputar, atau bahkan tidur melintang. Hal ini akan menjadi banyak masalah di kemudian hari.

Gigi taring merupakan gigi yang paling penting dalam penentuan profil muka seseorang. Gigi taring yang terletak di sudut lengkung gigi memberikan kesan indah dan manis pada senyum seseorang. Beda dengan gigi yang lain, gigi taring tidak tumbuh berdampingan. Gigi geraham (gigi molar) ada 2-3 setiap sisinya. Gigi geraham kecil (premolar) juga ada 2. Gigi seri juga ada 2. Namun gigi taring hanya ada satu. Oleh karena nya, posisi gigi taring ini perlu diperhatikan.

Joy Dental sebagai klinik gigi utama di Yogyakarta yang banyak bergerak dalam perawatan merapikan gigi atau sering dikenal perawatan behel memberikan perhatian khusus pada kegunaan gigi taring dalam membentuk senyum yang manis. Penanganan tahap “Ugly Duckling Stage” merupakan salah satu kunci membentuk gigi yang sehat, susunan gigi yang rapi, dan senyum yang manis. Terlebih lagi mengingat banyaknya remaja di Jogja, baik siswa sekolah maupun mahasiswa yang memang dalam rentang usia tersebut, dimana penampilan menjadi hal yang penting bagi kehidupan sosial remaja. dengan benar sangat dicari masyarakat. Sudah menjadi SOP Joy Dental untuk memberikan perawatan behel yang benar sesuai dengan usia, tahap tumbuh kembang anak, dan kondisi spesifik dari setiap individu.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti Alamat dokter gigi anak di jogja, dokter gigi anak jogja, dokter ortodontis di jogja, dr spesialis gigi anak di jogja dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close