Terlalu Brutal Saat Flossing, Infeksi di Gusi Menjalar Sampai Kaki

3e9f4689-9804-42ab-a449-457568662375_169Jakarta, Seorang perempuan di Minnesota mengalami infeksi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... bakteri yang cukup fatal di kakinya. Setelah ditelusuri, bakteri tersebut berasal dari gusi yang menjalar ke mana-mana akibat flossing terlalu brutal.

Perempuan tersebut menjalani operasi penggantian lutut, 5 tahun sebelum masuk rumah sakit karena lutut kanannya bengkak dan terasa nyeri. Hasil pemeriksaan, lututnya terinfeksi Streptococcus gordonii, yakni sejenis bakteri yang biasa ditemukan di mulut.

Tim dokter tidak habis pikir, bagaimana bakteri tersebut bisa sampai ke lutut. Hingga akhirnya pasien membuat pengakuan yang cukup masuk akal, yakni kerap melakukan flossing atau membersihkan gigiCara Membersihkan Sikat Gigi... baca selengkapnya... dengan benang gigiAtasi Gusi Berdarah Sejak Dini... baca selengkapnya.... Salahnya, pasien ini flossing dengan kasar sampai melukai gusi.

“Atas kemauannya sendiri, pasien ini flossing dengan kasar, dan hasilnya gusinya sampai berdarah,” kata dokter yang menganganinya, seperti dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports, dikutip dari Livescience, Selasa (25/5/2015).

Kondisi pasien membaik setelah dokter melakukan operasi, membuka lutut pasien dan membersihkannya dari bakteri. Namun untuk mencegah infeksi tersebut berulang, ia harus mengonsumsi antibiotik.

“Ini sangat langka. Saya tidak mau orang khawatir hanya karena flossing akan bisa memicu infeksi pada sendi buatan,” kata Dr Ala Dababnek, pakar infeksi dari Mayo Clinic di Minnesota yang juga terlibat dalam pelaporan kasus ini di jurnal ilmiah kedokteran.