Sikatlah Gigi Sebelum Minum Jus

Bagikan artikel ini

KOMPAS.com — Suka minum jus buah atau sayuran? Jika ya, sebaiknya Anda berhati-hati karena jus buah dan sayuran ternyata memiliki kandungan asam yang bisa merusak gigi. Bahkan, Dr Uchenna Okoye dari klinik gigiTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... London Smiling, Inggris, mengungkapkan, jus buah bisa memberi efek buruk pada gigi seperti minuman bersoda.

“Yang paling parah adalah jika Anda mengonsumsi konsentrat jus yang tinggi karena kandungan asam dan gulanya sangat tinggi,” katanya.

Sekalipun fruktosa merupakan gula alami pada buah, di dalam tubuh, fruktosa tetap dikenal sebagai gula yang bisa berbahaya bagi gigi. Penumpukan gula di lapisan gigi setelah meminum jus bisa menyebabkan gigi berlubangKaries gigi penyebab gigi berlubang... baca selengkapnya....

Meski demikian, bagi perempuan, konsumsi jus buah dan sayur agak sulit dihindari karena diyakini bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan kulit. Nah, agar mendapat semua manfaat baik dari jus buah tanpa merusak gigi, Dr Okoye menyarankan untuk menggunakan sedotan ketika minum jus. Penggunaan sedotan bertujuan untuk meminimalisasi bagian gigi yang terkena asam dan gula dari jus.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk tidak langsung menyikat gigiBerdarah Saat Gosok Gigi? Teruslah Menyikat, Jangan Berhenti... baca selengkapnya... setelah minum jus. Menyikat gigi setelah minum jus justru akan meratakan gula dan asam di seluruh permukaan gigi dan merusak enamel gigi. Enamel gigi yang rusak akan membuat gigi mudah rapuh dan berlubang.

“Akan lebih baik jika Anda menyikat gigi sebelum minum jus agar bisa membantu melapisi gigi sehingga enamelnya tak terkikis,” ujarnya. Untuk melindungi gigi dengan maksimal, gunakan pasta gigiSudahkah Kita Menyikat Gigi dengan Benar?... baca selengkapnya... yang mengandung flouride agar gigi lebih kuat dan terlindungi.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close