Sakit Bersamaan di Gigi, Telinga dan Kepala

Bagikan artikel ini

TANYA :

Dok,saya ingin menanyakan penyakit yang sering saya derita. Sayapun kurang mengetahui penyebab sakit saya tersebut berasal dari mana. Seringkali saya merasakan sakit yang bersamaan di bagian gigi, telinga, dan kepala. Saya sudah mendatangi berbagai dokter dan terapi, namun hasilnya saya masih merasakan sakit yang luar biasa. Yang ingin saya tanyakan adalah : 1. Apakah jika penyakit saya yang bersumber dari gigi dapat menyebabkan/mempengaruhi rasa nyeri/sakit hingga ke telinga dan kepala? 2. Sebenarnya sumber penyakit yang saya derita tersebut berasal dari mana? Apakah dari gigi, telinga, ataukah sakit kepala yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit di ke 3 daerah tersebut? mohon petunjuknya, terima kasih

(Lina, 31, Depok)

 

JAWAB:

 

Mbak Lina di Depok,

Jika ditinjau dari segi kedokteran gigi serta membaca keterangan anda bahwa gigi, telinga, dan kepala anda sering mengalami sakit yang bersamaan, kemungkinan anda mengalami sakit pada persendian rahang.

Sebab, gejala yang timbul pada saat sendi rahang mengalami gangguan antara lain gigi menjadi sensitif, sakit di daerah pelipis, belakang kepala bahkan leher, serta sakit pada telinga seperti terasa penuh, bahkan sampai pendengaran berkurang.

Kemungkinan lain adalah anda mengalami gigi berlubangPenambalan Gigi... baca selengkapnya... yang telah mencapai bagian saraf gigi, dan menimbulkan infeksi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... sampai ke bagian ujung akar gigiKonsultasi: Bahayakah Membiarkan Gigi Berlubang?... baca selengkapnya....

Gigi yang mengalami infeksi sampai ke bagian ujung akar gigi, dapat mempengaruhi organ tubuh lain seperti kepala dan telinga akibat sebaran racun yang dikeluarkan oleh bakteri dari gigi berlubang tersebut.

Untuk mencari kepastian dari manakah asal sumber penyakit anda tersebut, tentu saja harus dilakukan pemeriksaan secara komprehensif. Anda dapat mendatangi Dokter GigiKetika Fobia Gigi datang Menghadang Jalan Anda... baca selengkapnya... langganan ada untuk pemeriksaan rongga mulut dan persendian rahang.

Kemudian anda dapat mengunjungi Dokter Spesialis THT untuk pemeriksaan di bagian telinga. Serta Dokter Spesialis Saraf untuk keluhan pada bagian kepala anda yang sering sakit.

Sampaikan seluruh keluhan anda, dan ceritakan riwayat perjalanan penyakit anda dengan rinci. Selain pemeriksaan langsung, kemungkinan dokter juga akan merujuk berbagai pemeriksan penunjang lain seperti foto rontgenBiaya Pasang Kawat Gigi Transparan... baca selengkapnya... gigi atau pemeriksaan laboratorium jika diperlukan.

Setelah memperoleh diagnosa yang pasti, barulah dapat dibuat rencana perawatan yang sesuai. Apakah perlu terapi dari bidang kedokteran gigi atau bidang kedokteran lainnya.

Demikian Mbak Lina, semoga cukup membantu.

Salam gigi sehatTips Rutin Menjaga serta Merawat Kesehatan Gigi & Mulut... baca selengkapnya....


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close