Sakit Bersamaan di Gigi, Telinga dan Kepala

Bagikan artikel ini

TANYA :

Dok,saya ingin menanyakan penyakit yang sering saya derita. Sayapun kurang mengetahui penyebab sakit saya tersebut berasal dari mana. Seringkali saya merasakan sakit yang bersamaan di bagian gigi, telinga, dan kepala. Saya sudah mendatangi berbagai dokter dan terapi, namun hasilnya saya masih merasakan sakit yang luar biasa. Yang ingin saya tanyakan adalah : 1. Apakah jika penyakit saya yang bersumber dari gigi dapat menyebabkan/mempengaruhi rasa nyeri/sakit hingga ke telinga dan kepala? 2. Sebenarnya sumber penyakit yang saya derita tersebut berasal dari mana? Apakah dari gigi, telinga, ataukah sakit kepala yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit di ke 3 daerah tersebut? mohon petunjuknya, terima kasih

(Lina, 31, Depok)

 

JAWAB:

 

Mbak Lina di Depok,

Jika ditinjau dari segi kedokteran gigi serta membaca keterangan anda bahwa gigi, telinga, dan kepala anda sering mengalami sakit yang bersamaan, kemungkinan anda mengalami sakit pada persendian rahang.

Sebab, gejala yang timbul pada saat sendi rahang mengalami gangguan antara lain gigi menjadi sensitif, sakit di daerah pelipis, belakang kepala bahkan leher, serta sakit pada telinga seperti terasa penuh, bahkan sampai pendengaran berkurang.

Kemungkinan lain adalah anda mengalami gigi berlubang yang telah mencapai bagian saraf gigi, dan menimbulkan infeksi sampai ke bagian ujung akar gigi.

Gigi yang mengalami infeksi sampai ke bagian ujung akar gigi, dapat mempengaruhi organ tubuh lain seperti kepala dan telinga akibat sebaran racun yang dikeluarkan oleh bakteri dari gigi berlubang tersebut.

Untuk mencari kepastian dari manakah asal sumber penyakit anda tersebut, tentu saja harus dilakukan pemeriksaan secara komprehensif. Anda dapat mendatangi Dokter Gigi langganan ada untuk pemeriksaan rongga mulut dan persendian rahang.

Kemudian anda dapat mengunjungi Dokter Spesialis THT untuk pemeriksaan di bagian telinga. Serta Dokter Spesialis Saraf untuk keluhan pada bagian kepala anda yang sering sakit.

Sampaikan seluruh keluhan anda, dan ceritakan riwayat perjalanan penyakit anda dengan rinci. Selain pemeriksaan langsung, kemungkinan dokter juga akan merujuk berbagai pemeriksan penunjang lain seperti foto rontgen gigi atau pemeriksaan laboratorium jika diperlukan.

Setelah memperoleh diagnosa yang pasti, barulah dapat dibuat rencana perawatan yang sesuai. Apakah perlu terapi dari bidang kedokteran gigi atau bidang kedokteran lainnya.

Demikian Mbak Lina, semoga cukup membantu.

Salam gigi sehat.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti skit kpla sbelah knan pengaruh gigi skitkah dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close