Proses Gigi Berlubang (Karies)

Bagikan artikel ini

Karies atau yang lebih dikenal dengan gigi berlubangApa yang dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar... baca selengkapnya... merupakan kejadian yang paling sering dijumpai pada masalah gigiOrang-orang Seperti Ini Rentan Alami Radang Gusi... baca selengkapnya... dan mulut. Gigi berlubang merupakan penyebab penyakit infeksi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... yang umum terjadi dan dialami oleh 95% penduduk dunia. Data tahun 2004 dari Departemen Kesehatan menunjukkan bahwa insiden gigi berlubang di Indonesia terjadi sebanyak 90,05%. Meski prevelansinya tinggi, namun karies masih sering dianggap sepele.

Banyak riset yang menunjukkan hubungan antara penyakit periodontal dan gigi berlubang dengan penyakit sistemik,terutama penyakit jantung. Kuman yang bersarang pada karies  dapat mendarat  ke pembuluh darah4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... dan organ seperti jantung, ginjal, dan liver. Oleh karena itu ada beberapa kasus penyakit yang menyeluruh pada tubuh yang sebenarnya dipicu oleh infeksi dari gigi, biasa disebut sebagai infeksi fokal, misalnya infeksi pada otot jantung (miokarditis).

Karies gigiPenyebab Sakit Gigi... baca selengkapnya... merupakan penyebab penyakit infeksi yang diperantarai oleh kuman, terutama Streptococcus mutans.

 

Sebenarnya, kuman tersebut memang pada normalnya ada di dalam rongga mulut (flora normal). Keberadaan kuman itu di dalam rongga mulut sangat dipengaruhi oleh kebiasaan makan, jumlah sukrosa yang terdapat dalam karbohidrat yang dikonsumsi, dan kebersihan mulut. Jika frekuensi aktivitas makan dan jumlah sukrosa yang dikonsumsi berada dalam level tinggi disertai kebersihan mulut yang tidak terjaga maka konsentrasi fluorideTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... pada mulut dan kemampuan sistem penyangga (buffer) saliva (ludah) akan menjadi rendah akibatnya tingkat keasaman mulut dan jumlah kuman Streptococcus mutans pun akan meningkat.

Keadaan ini akan membuat mineral gigi menghilang secara progresif, yang disebut sebagai proses demineralisasi. Sebenarnya ada proses yang mengimbangi demineralisasi tersebut, yaitu proses remineralisasi oleh ludah (saliva). Ludah akan menetralkan asam sehingga ion-ion mineral dari cairan di sekitar gigi dapat diletakkan kembali pada gigi. Dengan kata lain, proses karies dianggap sebagai hasil ketidakseimbangan antara proses demineralisasi dan remineralisasi yang terjadi terus menerus.

Pada tahap awal, karies terlihat sebagai gambaran bercak putih kapur di permukaan gigi (white spot). Daerah white spot ini akan terlihat jelas pada gigi karena gigi yang asli berwarna putih transparan dan mengkilat serta dilapisi pelikel (lapisan tipis bening dan tipis pada gigi). Jika pelikel ditumbuhi oleh kuman maka terbentuklah plakBau Mulut? Simak Cara Pencegahannya... baca selengkapnya... dan hal ini jika dibiarkan, lama kelamaan akan terklasifikasi (bercampur dengan kalsium), mengeras dan membentuk karang gigiHalitosis (Bau Nafas Yang Tidak sedap)... baca selengkapnya.... Karang gigi inilah yang mengganggu keseimbangan proses demineralisasi – remineralisasi tadi.

Karang gigi menyebabkan permukaan gigi menjadi kasar dan menjadi tempat menempel plak kembali sehingga lama kelamaan karang gigi akan mengendap,tebal dan menjadi sarang kuman. Karang gigi dapat terlihat kekuningan atau kehitaman biasanya akibat bercampur dengan rokok, teh dan zat-zat lain yang dapat meninggalkan warna pada gigi. Jika white spot dapat dideteksi sejak dini maka proses karang gigi menjadi karies gigi dapat dihentikan dengan cara mempertahankan kebersihan gigiAtasi Gusi Berdarah Sejak Dini... baca selengkapnya....

Bila berbicara mengenai gigi, tentu tidak terlepas dari membicarakan jaringan penyangga gigi ( jaringan periodontal). Jaringan ini yang menjadi tempat tertanamnya gigi. Jaringan periodontal terdiri dari gusi, sementum, dan jaringan pengikat tulang penyangga gigi (alveolar). Jaringan inilah yang mengikat gigi,pembuluh darah dan persarafan menjadi satu kesatuan. Bila karang gigi tidak dibersihkan maka kuman-kuman yang menempel dapat memicu dan menyebabkan terjadinya infeksi pada daerah penyangga gigi. Penderita biasanya mengeluh gusinya terasa gatal, mulut berbau tak sedap, gosok gigiSelain Gosok Gigi, Banyak Makan Serat Bisa Bantu Lindungi Kesehatan Mulut... baca selengkapnya... sering berdarah, bahkan adakalanya gigi itu dapat lepas dengan sendirinya dari jaringan penyangga gigi. Infeksi yang mencapai lapisan dalam gigi (tulang alveolar) akan menyebabkan tulang penyangga gigi menipis sehingga perbandingan panjang gigi yang tertanam pada tulang dan yang tidak tertanam 1 : 3, maka gigi pun akan mudah goyang dan tanggal.

Berbagai faktor yang dapat menyebabkan terbentuknya karies adalah :
– Frekuensi konsumsi makanan berkarbohidrat yang terus menerus akan meningkatkan risiko terjadinya karies.
– Frekuensi pajanan/paparan gigi terhadap makanan dan minuman yang bersifat asam juga dapat meningkatkan tingkat pembentukan   karies.
– Minuman soft drinks berkarbonat dan sport drinks merupakan contoh minuman yang memiliki sifat asam tinggi. Dengan frekuensi tinggi    atau waktu pajanan yang cukup lama terhadap minuman tersebut maka proses demineralisasi akan berlangsung cepat.
– Factor pelindung alami dari pelikel maupun saliva dapat mencegah serta membatasi terjadinya karies.
– Fluor dan elemen – elemen lainnya juga mempengaruhi dalam perkembangan terjadinya karies.
– Faktor modifikasi yang dapat mempengaruhi terjadinya karies antara lain perubahan gaya hidup serta kondisi kesehatan umum dari pasien.

Faktor-faktor di atas sebenarnya dapat dibagi ke dalam 3 besar, yaitu struktur gigiHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya..., mikroorganisme di dalam mulut, dan frekuensi asupan makanan. Bila salah satu diantaranya dihambat atau dikendalikan maka akan mencegah gigi berlubangCara Alami Mencegah Gigi berlubang... baca selengkapnya.... Karang gigi dapat dibersihkan dengan alat yang disebut scaler. Ada scaler manual dan ada ultrasonic scalerFaktor Penyebab Terbentuknya Plak... baca selengkapnya.... Setelah dibersihkan dengan scaler, karang gigi akan hilang dan gigi menjadi bersih. Namun karang gigi dapat timbul kembali apabila kebersihan gigi tidak dijaga dengan baik.

Karies pada gigi tidak selalu harus ditambal. Jika ada bagian gigi yang sudah mulai menghitam merupakan gejala terjadinya karieskaries tidak akan berlanjut. Penambalan hanya dilakukan jika lubang gigi sudah mencapai lapisan yang lebih dalam.

KARIES BISA DISEMBUHKAN TAPI PENAMBALAN BUKANLAH OBATNYA !!! Penambalan hanya sekedar menghilangkan gejala. namun belum tentu ada lubang, proses lanjut dapat dicegah dengan menjaga kebersihan rongga mulut.

sumber : http://dentistrymolar.wordpress.com/2010/04/16/proses-gigi-berlubang-karies/

Konsultasikan kesehatan gigiPentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini... baca selengkapnya... dan mulut seperti Layanan Perawatan OrtodontikGigi Bungsu, Berbahayakah?... baca selengkapnya..., Pembuatan Gigi TiruanGigi Tiruan Penting Untuk Kesehatan Mulut... baca selengkapnya..., Perawatan Saluran AkarApa yang dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar... baca selengkapnya..., Cabut Gigi6 Alasan Mengapa Gigi Harus Dicabut... baca selengkapnya..., Tambal GigiSolusi jika tambalan gigi mengikis dan muncul whitespot... baca selengkapnya..., Pembersihan Karang GigiHalitosis (Bau Nafas Yang Tidak sedap)... baca selengkapnya..., Tooth WhiteningTooth Whitening / Bleaching... baca selengkapnya.../BleachingTooth Whitening / Bleaching... baca selengkapnya..., Pasang BehelHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya... Gigi atau Kawat GigiHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya... untuk anda dan keluarga anda di Klinik GigiTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... Joy DentalApa yang dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar... baca selengkapnya... Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti gigi terasa gatal, gigi gatal, penyebab gigi berlubang terasa gatal, penyebab gigi gatal, penyebab gigi terasa gatal, gigi gatal pertanda apa, kenapa gigi gatal dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulutIngin Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut? Rajin Sikat Gigi Saja Tidak Cukup... baca selengkapnya... serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

12 thoughts on “Proses Gigi Berlubang (Karies)

  1. siiiiiiip.
    tips nya mantap.
    semoga bisa saya praktikan.
    tapi gigi saya udah ada karangnya tuh, gimana donks?

    • admin

      Hallo rivai, konsultasinya sudah kami balas via email ya… Trims :)

  2. Selamat pagi dokter.
    terima kasih atas artikelnya, sangat bermanfaat..

    saya ingin bertanya, untuk perawatan karies gigi di Joy Dental seperti apa?
    dan berapa untuk biayanya?

    terima kasih dok.

    • admin

      Selamat Pagi Nur Hana, untuk gigi karies diperiksa dulu saja di klinik, konsultasinya free kok. Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima kasih

  3. Chandra Gustiranda

    Selamat siang dok
    Saya sakit gigi tapi gigi nya tidak berlubang
    Saya sudah konsultasi ke dokter gigi tapi dibolongi dan di ditambal
    Tambalan nya pun cuma sementara. 3hari sudah lepas dok
    Bagaimana solusinya dok

    • admin

      Selamat Pagi Chandra, jika ada keluhan setelah dilakukan perawatan penambalan sebaiknya langsung ditanyakan kepada dokter yang melakukan penambalan karena beliau yang mengetahui kondisi gigi Chandra dan bahan apa yang digunakan saat penambalan. Terima kasih

  4. nia

    dok saya memiliki white spot di area depan gigi paling depan. bagaimana cara terbaik untuk mengatasi white spot ini dok karna sangat mengganggu penampilan sekali :'(

    • admin

      Selamat siang Nia, untuk penjelasan white spot sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  5. Fida

    saya mau tanya dok, kalau penambalan bukan menyembuhkan karies lalu apa yang harus d lakukan dok? kebetulan saya ada whaite spot di gigi saya

    • admin

      Selamat Siang Fida, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  6. Fisrani

    Selamat sore dok. Saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi Sakit gigi berlubang? Saya sudah kosumsi berbagai obat Sakit gigi, perawatan rumah tapi tetap saja sakit dok.

    • admin

      Selamat Malam Kak Fisrani, untuk kasus Kak Fisrani sebaiknya diperiksa dulu ke klinik ya. Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close