Pilih Sikat Gigi Sesuai Kebutuhan

Bagikan artikel ini

KOMPAS.com – Memilih sikat gigi ternyata tak semudah yang Anda kira. Salah memilih sikat gigi bisa membuat Anda tidak mendapatkan hasil yang maksimal, dan malah membuat gigi tambah menderita. “Kebutuhan setiap orang berbeda, dan solusi untuk perawatan gigi ini tergantung pada kebutuhannya,” tukas Prof Dr DrgĀ  Hj Melanie Soedono, MBiomed, dalam acara Formula “Masquerade Ball” di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Melanie menyayangkan bahwa sampai saat ini masih banyak orang yang belum teredukasi mengenai hal ini, dan cenderung menganggap semua sikat gigi adalah sama. Hal ini membuat orang menilai semua jenis sikat gigi aman digunakan untuk semua orang, dan semua jenis gigi. Anggapan ini sebenarnya kurang tepat, karena setiap sikat gigi punya fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

“Sikat gigi untuk penderita gigi sensitif berbeda dengan sikat gigi untuk orang bergigi normal, dan ingin mendapatkan kebersihan maksimal,” jelasnya.

Untuk membedakan jenis sikat gigi, perhatikan struktur sikat dan tekstur bulu-nya. Misalnya, struktur batang sikat yang elastis dan ujung kepala yang mengecil diciptakan untuk membantu membersihkan gigi bagian dalam. Tekstur bulu sikat yang lembut ditujukan untuk membantu mengurangi rasa sakit pada penderita gigi sensitif atau gangguan mulut lainnya saat menyikat gigi. Sedangkan tekstur bulu sikat yang agak keras dan bulu sikat yang zig-zag bertujuan untuk membantu menghilangkan kotoran di gigi dengan lebih baik untuk mendapatkan kebersihan gigi maksimal sampai ke sela-sela gigi.

Jika salah memilih sikat gigi, penderita gigi sensitif atau gangguan mulut lainnya akan mengalami rasa sakit pada gigi, dan yang lebih parah bisa menyebabkan perdarahan pada gusi. Penderita gigi sensitif harus memilih sikat gigi dengan batang yang lentur, kepala sikat yang lebih kecil, dan bulu sikat yang ekstra lembut.

“Semua jenis sikat gigi punya fungsi dan tujuan yang berbeda, maka penggunaannya tidak bisa disamakan untuk setiap orang. Sesuaikan jenis sikat gigi yang digunakan dengan kebutuhan masing-masing orang,” sarannya.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close