Perawatan Gigi Susu hingga Gigi Permanen

Bagikan artikel ini

Kompas.com – Lebih dari 80 persen anak usia di bawah 12 tahun menderita gigi berlubangGigi berlubang bisa diperbaiki atau harus dicabut?... baca selengkapnya.... Penyebab utamanya adalah karena kebersihan gigi yang kurang terjaga dengan baik. Merawat gigiTips Rutin Menjaga serta Merawat Kesehatan Gigi & Mulut... baca selengkapnya... dengan benar bukan hanya membuang bakteri dan plakBau Mulut? Simak Cara Pencegahannya... baca selengkapnya..., tetapi juga menyingkirkan semua masalah gigiKetika Gigi Ngilu Bikin Mood Nadia Mulya Terganggu... baca selengkapnya....

Orangtua adalah kunci utama kesehatan gigi anakIni Dia Hal-hal yang Bisa Bikin Gigi Anak Tumbuh Gingsul... baca selengkapnya.... Meski gigi susuMengenal Periode Pertumbuhan Gigi... baca selengkapnya... akan digantikan oleh gigi permanen tetapi kondisi kesehatan gigiKetika Gigi Ngilu Bikin Mood Nadia Mulya Terganggu... baca selengkapnya... susu sangat berpengaruh pada kondisi dan kelancaran pertumbuhan gigiBerapa Lama Gigi Tumbuh Lagi Setelah Copot?... baca selengkapnya... kelak. Berikut adalah jadwal pemeriksaan gigi yang direkomendasikan para ahli kesehatan gigi, mulai dari bayi hingga dewasa. Bayi

“Sejak bayi lahir, orangtua seharusnya mulai memerhatikan kesehatan gigi buah hatinya karena tanpa disadari pola makan bayi sudah mengandung gula yang tinggi,” kata Dr. Janet Clarke, dokter gigiSudahkah Kita Menyikat Gigi dengan Benar?... baca selengkapnya... anak dan juru bicara the British Dental Association.

Ia menyarankan agar orangtua mengajak anaknya ketika mereka melakukan pemeriksan gigi rutin agar anak menjadi terbiasa dengan dokter gigi. Saat ini pun cukup banyak klinik gigiSebab & Solusi Mengatasi Masalah Gigi Sensitif... baca selengkapnya... khusus anak dengan suasana ruang praktek yang menyenangkan.

“Pengalaman positif yang dimiliki anak tentang dokter gigi akan berpengaruh pada cara mereka merawat gigi dan kunjungan ke dokter gigi sepanjang hidup mereka,” katanya.

Usia balita

Kunjungan ke dokter gigi di masa bayi hingga balita akan lebih banyak difokuskan pada menghitung jumlah gigi. “Kita perlu mengetahui apakah gigi anakGejala Demam Belum Tentu karena si Kecil Tumbuh Gigi... baca selengkapnya... terlambat tumbuh atau tidak,” kata Dr Reza Hejazi, ahli bedah gigi dari London.

Pada usia balita, orangtua harus memastikan anak menyikat giginya dua kali sehari dengan pasta gigiSudahkah Kita Menyikat Gigi dengan Benar?... baca selengkapnya... yang mengandung fluorideTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya.... “Di usia ini anak-anak sebaiknya diperiksa giginya setidaknya setahun sekali. Jika ada kerusakan pada giginya, maka ia harus datang setiap 6 bulan sekali,” katanya.

Usia sekolah dasar Di usia 6 tahun pada umumnya anak-anak mulai kehilangan gigi susunya dan digantikan oleh gigi permanen. Idealnya, mereka sudah mampu menyikat giginya tanpa bantuan orangtua.

Ajari anak untuk membatasi makanan yang lengket pada gigi yang bisa membuat gigi cepat lapuk. Pertahanan terbaik pada gigi adalah menyikat gigiSikat Gigi Tak Usir Semua Bakteri... baca selengkapnya... setelah mengonsumsi makanan manis dan lengket, atau minimal berkumur.

Usia pra remaja

Gigi berlubang merupakan masalah utama pada kesehatan gigi pra remaja dan usia remaja. Lakukan perawatan segera agar kerusakannya tetap minimal dan gigi anak tidak perlu dicabut.

Usia remaja merupakan waktu yang tepat untuk melakukan koreksi jika susunan gigiIngin Merapikan Gigi Dengan Behel ?... baca selengkapnya... anak kurang rapi. “Sebaiknya ditunggu sampai seluruh gigi permanen anak tumbuh agar dokter bisa menentukan tindakan yang tepat,” kata Dr.Clarke.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close