Beranda » Artikel » Pentingkah Foto Rontgen Gigi Saat Perawatan Saluran Akar?

Pentingkah Foto Rontgen Gigi Saat Perawatan Saluran Akar?

Maret 1, 2022

Penulis : drg. Bonifasius Primario Wicaksono, M. Biotech

Rontgen Gigi sebelum Perawatan saluran akar (PSA)

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA - Sobat Joy pasti sudah paham dong mengenai perawatan saluran akar? Kalau Sobat Joy belum terlalu paham mengenai perawatan saluran akar, atau yang kadang juga disebut perawatan saraf gigi, yuk mampir sebentar di artikel berikut ini "Apa yang Dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar?"

Yang pasti, di Klinik Gigi Joy Dental ada dokter spesialis konservasi gigi yang dapat melakukan perawatan saluran akar lho, Sobat Joy. Jadi, yuk datang ke Klinik Gigi Joy Dental jika Sobat Joy ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai perawatan gigi.

Apakah penting rontgen gigi sebelum Perawatan Saluran Akar?

Dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai prosedur pengambilan foto rontgen yang dilakukan sebelum atau selama prosedur perawatan saluran akar. Apa sih rontgen gigi itu? Rontgen gigi merupakan suatu prosedur pendukung diagnosis dimana dilakukan pengambilan foto gigi dan mulut secara radiografis untuk mengetahui kondisi bagian gigi dan mulut yang tidak terlihat secara klinis. Dengan rontgen gigi ini, dokter gigi dapat melihat kondisi akar gigi yang secara langsung tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Namun, pentingkah melakukan rontgen gigi sebelum melakukan perawatan saluran akar? Perlu Sobat Joy ketahui, ketika melakukan perawatan saluran akar, dokter gigi perlu memastikan bentuk anatomi dari akar gigi Sobat Joy, panjang akar dan seberapa besar infeksi yang terjadi di sekitar akar gigi. Melalui penegakan diagnosis dari hasil rontgen, dokter gigi bisa memiliki panduan dengan jelas, ada berapa akar gigi pada gigi tersebut, seberapa panjang masing-masing akar gigi, dan apakah ada kelainan bentuk anatomi atau penyulit lainnya. Dengan hasil rontgen yang baik, perawatan saluran akar gigi sobat Joy juga akan semakin baik hasilnya, dan memperkecil resiko terjadinya infeksi ulang pada gigi.

Selain itu, setelah perawatan saluran akar gigi sobat Joy selesai, dokter gigi juga akan melakukan pengambilan foto rontgen gigi sekali lagi untuk memastikan hasil pengisian saluran akar sudah dilakukan dengan baik.

Sobat Joy, di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dan Klinik Gigi Joy Dental Purwokerto, sudah dilengkapi dengan fasilitas rontgen periapikal yang berkualitas untuk membantu dokter gigi dalam menegakkan diagnosis, sehingga sobat Joy tidak perlu ragu mengenai hasil perawatan saluran akar gigi di Klinik Gigi Joy Dental.

Yuk, ditunggu kedatangannya di Klinik Gigi Joy Dental

Joy Dental, One Stop Family Dental Care

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi :

Madarati, A., 2020, Implementation of Digital Radiography during Root Canal Treatments in Saudi Endodontic and General Dental Practice, Eur Endod J. ; 5 (2) : 86 – 93.

Setzer, F.C., Lee S.M., 2021, Radiology in Endodontics, Dent Clin North Am ; 65 (3) : 475 - 486.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram