Pengguna Kawat Gigi Rentan Gigi Sensitif

Bagikan artikel ini

Kompas.com – Penggunaan kawat gigi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan gigi yang rapi, tetapi Anda juga harus waspada karena gigi berkawat lebih rentan mengalami gigi sensitif.

Gigi sensitif sebenarnya masalah pada gigi yang bukan berasal dari penyakit gigi, melainkan karena terbukanya dentin yang terletak di bawah enamel gigi sehingga gigi menjadi sensitif dan rentan. Keluhan utama dari gigi sensitif adalah rasa ngilu.

Menurut Ariendas Veddytarro, GlaxoSmithKline Detailing Manager, penggunaan kawat gigi akan memicu perubahan ketinggian tulang sehingga gusi menurun.

“Gusi yang turun akan membuat akar gigi jadi terbuka. Padahal akar gigi yang ada di area dalam banyak saraf sehingga memudahkan timbul rasa ngilu,” katanya.

Ariandes mengatakan, dalam proses perapihan susunan gigi, akan terjadi perombakan yang menyebabkan posisi gigi bergeser. “Ada sebagian yang tertarik dan menyebabkan penurunan gusi,” katanya.

Gigi sensitif bukan gangguan yang langsung terjadi. Butuh waktu lama sampai terjadinya penurunan gusi atau terbukanya lapisan dentin. Karena itu para pemakai kawat gigi disarankan untuk rutin memeriksakan giginya, serta menghindari cara sikat gigi yang terlalu keras.

Rasa ngilu yang timbul akibat gigi sensitif bisa dihindari dengan penggunaan pasta gigi untuk gigi sensitif.

“Kalaupun belum mengalami gigi sensitif, tidak ada salahnya menggunakan. Langkah ini merupakan pencegahan,” kata Ariandes.

Kandungan potasium nitrat dalam pasta gigi akan ‘menenangkan’ ujung saraf yang terkena rangsangan, sehingga tidak menimbulkan rasa ngilu yang tajam.


Bagikan artikel ini

2 thoughts on “Pengguna Kawat Gigi Rentan Gigi Sensitif

  1. bambang

    Malem dok,
    Mau tanya, jadwal praktek sp. ort. apa selain jam2 tsb yg ada di http://klinikjoydental.com/jadwal-praktek/ ada gak

    Soalnya saya dari luar kota, jadi bisanya siang

    tolong infonya
    trims

    • admin

      Selamat sore, untuk jadwal praktek seperti yang ada di website, jika bapak ingin perawatan diluar jam tersebut, bisa dengan perjanjian, via telp/sms ke 087736697888 atau pin BB 2B4A3E37. Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close