Pengguna Braces, Sebaiknya Sikat Gigi Manual

Bagikan artikel ini

Masalah estetik gigi yang paling banyak dikeluhkan orang adalah bentuk gigi yang berjejal, sebab gigi berjejal menjadi tempat ideal bagi perkembangan bakteri. Untuk mendesain ulang bentuk gigi yang terlanjur semrawut dibutuhkan braces dengan perawatan lebih dan waktu yang cukup lama pada gigi, supaya didapatkan bentuk wajah yang sesuai.

Menurut Drg. Joko Kusnoto, ahli orthodonti, keperluan merawat gigi seperti menggosok gigi bagi pengguna braces maupun kawat gigi cukup dilakukan secara manual saja. “Menggosok gigi bagi pemakai kawat gigi, behel maupun braces lebih bagus dilakukan secara manual, sebab pemakaian sikat gigi elektrik dikhawatirkan malah membuat gigi tidak bersih,” buka Joko di Jakarta, Rabu (23/7).

Ucapan Joko didasarkan pada pengalaman selama menanggani pasien di Kusnoto Orthodontist General Dentistry. Dalam menanggani berbagai macam pasien pengguna braces, Joko menyimpulkan bahwa banyak pasien yang memakai elektric mouth brush. “Memakai sikat gigi yang digerakkan oleh tenaga elektrik hanya akan membersihkan sebagian gigi saja, sedang sebagian lagi pasti terhalang oleh permukaan braces,” beber Joko.

Dengan memakai sikat gigi yang digerakkan secara manual, diharapkan dapat lebih menjangkau semua bagian mulut yang ditumbuhi gigi. Dengan catatan, bentuk sikat gigi sesuai dengan struktur mulut dan gigi, supaya proses penjangkauan dan penggosokan dapat dilakukan di seluruh daerah mulut.

“Lebih baik memakai sikat berbulu lembut dengan bentuk ujung agak meruncing dan sedikit melengkung atau bisa juga memakai sikat khusus seperti, specialist brush lips yang digerakkan oleh tangan,” kata Joko. Joko lantas menambahkan menggosok gigi secara manual juga mendapatkan nilai tersendiri selain membuat gigi menjadi bersih. “Tangan jadi lebih sehat, sebab ikut berolahraga. Daripada memakai sikat gigi elektrik yang memakai tenaga baterai,” kelakar Joko.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close