Ngemil Malam Bikin Gigi Cepat Ompong

Bagikan artikel ini

Ngemil malam-malam boleh dibilang salah satu aktivitas paling asyik yang bisa dilakukan. Bayangkan bila Anda kelaparan tengah malam, lalu menemukan restoran cepat saji yang buka 24 jam. Sekantung kentang goreng dan segelas besarmilk shake (plus obrolan hangat dengan si dia) tentu terasa sangat menyenangkan.

Mungkin Anda mengira bahwa keinginan makan ini melulu karena rasa lapar yang menyerang. Padahal sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan kita jadi punya kebiasaan ngemil malam hari. Di antaranya karena kita malas sarapan, atau terkena Night Eating Syndrome.

Apa pun alasannya, ngemil malam tidak disarankan untuk kesehatan Anda. Gangguan apa yang akan Anda alami akibat kebiasaan ini?
1. Gigi. Sebuah studi baru mendapati bahwa orang yang senang ngemil tengah malam cenderung akan lebih cepat ompong ketika usia bertambah. Masalahnya, jarang ada orang yang ingat untuk menggosok gigi lagi setelah ngemil. Selain itu, produksi air liur juga menurun sehingga makanan tidak dipecah.

2. Lingkar pinggang. Jika ngemil malam hari ini hanya dilakukan sesekali, berat badan Anda mungkin tidak akan terpengaruh, demikian menurut para peneliti. Meskipun demikian, mereka juga mengaitkan kebiasaan ini dengan kelainan pola makan. Jadi jika pada malam hari Anda kerap gelisah saat membuka-buka lemari es, dan kesal karena tidak menemukan apa pun di sana, kemungkinan Anda mengalami keinginan tak terkontrol untuk makan berlebihan.

3. Kebiasaan tidur. Pasti tak enak rasanya berangkat tidur dalam keadaan lapar. Sebaliknya, perasaan kekenyangan juga membuat Anda merasa tidak nyaman saat berbaring, dan malah membuat Anda sulit tidur kembali. Mengonsumsi makanan pedas atau minum minuman berkafein juga bisa Anda mengalami rasa mulas di tengah malam.

4. Pencernaan. Jika Anda cenderung mudah merasa mulas, langsung berbaring di tempat tidur usai ngemil malam-malam juga akan memperparah kondisi Anda. Hal ini disebabkan koneksi antara kerongkongan dan perut menjadi mendatar (padahal seharusnya makanan mengalir dari kerongkongan ke arah bawah, atau perut).

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Sebelah Rempah Asia)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti masih muda gigi sudah ompong, memakai gigi palsu di usia muda, penyebab gigi tanggal di usia muda, penyebab gigi keropos di usia muda, penyebab gigi ompong dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close