Minyak Kelapa Cegah Kerusakan Gigi

Bagikan artikel ini

Kompas.com – 

Gigi berlubangFaktor penyebab sakit gigi... baca selengkapnya... (kariesProses Gigi Berlubang (Karies)... baca selengkapnya...) terjadi karena beberapa faktor, yaitu pertumbuhan bakteri, gula dalam makanan, dan permukaan gigiCara Membersihkan Sikat Gigi... baca selengkapnya... yang rentan. Bakteri Streptokokus mutan (bakteri yang menjadikan gula di mulut sebagai makanannya) akan mengubah gula yang menempel menjadi asam.

Nah, ketika minyak kelapa bersenyawa dengan enzim pencernaan bersenyawa, akan dihasilkan pembunuh bakteri yang kuat. Karena itu para ahli kini berusaha mengembangkan pasta gigiTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... dan obat kumurObat Kumur dan Pengusir Bau Mulut Buatan Sendiri... baca selengkapnya... yang mengandung kelapa sebagai bahan aktifnya.

“Menggabungkan enzim minyak kelapa yang dimodifikasi menjadi produk perawatan gigiTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... merupakan hal menarik sebagai alternatif zat kimia tambahan. Apalagi karena enzim tersebut bekerja dalam konsentrasi yang rendah,” kata Dr.Damien Brady, dari Athlone Institute of Technology, Irlandia.

Ia menambahkan, hasil penelitian ini menjadi penting karena kini semakin banyak masalah bakteri yang kebal obat karena penggunaan antibiotik yang berlebihan.

Penelitian yang dilakukan Brady terinspriasi dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa sebagian susu yang dicerna membuat S.mutan lebih sedikit yang menempel ke enamel gigi. “Produksi pencernaan manusia ternyata menunjukkan aktivitas antimikroba,” katanya.

Hal itu juga menunjukkan bahwa koloni bakteri dalam permukaan sel saluran cerna bermanfaat untuk kesehatan usus.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close